Ongen Sangaji Mundur dari Ketua DPD Hanura DKI Jakarta

oleh -502 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Mohamad Sangaji mendadak memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi DKI Jakarta. Pria yang akrab disapa Ongen ini juga meninggalkan posisinya sebagai kader partai.

Ongen Sangaji memutuskan mundur dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi DKI Jakarta, sekaligus sebagai kader partai.

Tidak hanya Ongen, Sekretaris DPD Partai Hanura DKI, Syarifuddin, juga ikut meletakan jabatannya.

Dia menyatakan, semua teman-teman pengurus DPD, Dewan Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang, dan seluruh kader Hanura di Jakarta kaget mendengar Bang Ongen mundur.

Alasan mundurnya Bang Ongen, kata dia, ingin fokus mengurus keluarga karena saat ini sedang pandemi Covid-19. Apalagi, ada keluarganya yang meninggal akibat terpapar coronavirus.

“Dorongan keluarga juga menjadi alasan mundurnya bang Ongen. Bang Ongen sudah mendur sejak 27 Juli 2021,” kata Syarifuddin, dalam keterangan tertuslinya, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga  Febry Calvin Tetelepta Sentil Balai Sumberdaya Air Maluku Terkait Bendungan Way Apu

“Keluarganya menuntut Bang Ongen agar fokus mengurus keluarga,” lanjut dia.

Di sisi lain, dia mengungkapkan, kawan-kawan sangat kehilangan figur Ongen yang berhasil membawa Partai Hanura besar di Jakarta. Terbukti, pada Pemilihan Legilsatif (Pileg) 2014 Hanura DKI mendapatkan 10 kursi DPRD DKI atau masuk lima besar partai di ibu kota,” ungkapnya.

Menurut dia, Bang Ongen sosok yang tak tergantikan bagi kader Hanura di Jakarta. Beliau memiliki ketagasan dalam memimpin, taktis, cepat ambil keputusan, dan memiliki strategi jitu untuk besarkan partai ini.

“Pemilu 2019, suara partai memang tak bagus. Tapi suara para caleg di Daerah Pemilihan (dapil) bagus,” bebernya. “Bang Ongen, pun mendapatkan 13 ribu suara,” lanjut dia.

Baca Juga  #STMmelawan Dulu Musuh, Sekarang Jadi Teman Demo. Minggir Kak, Biar Kami di Depan

Dia menambahkan, sebelum purnatugas sebagai Ketua DPD Hanura DKI, Syarifuddin mengungkapkan, Bang Ongen telah menyelesaikan seluruh pengurus tingkat DPD, DPC, dan PAC.

Semuanya, katanya, sudah tersusun secara rapi sehingga ketua baru tidak perlu repot. “Tinggal jalankan partai saja, Ketua DPD Hanura DKI baru nanti. Semua infrastruktur partai sudah selesai,” jelas dia.

Sementara itu, Syarifuddin mengaku, dirinya ikuti mengundurkan diri sebagai Sekretaris DPD karena kondisi Covid-19. “Saya abis kena Covid,” ujar dia.

Lalu, dia menyatakan, saat ini sedang fokus mengurusi Palang Merang Indonesia di Jakarta. Syarifuddin sendiri menjabat Wakil Ketua PMI DKI.

“Saya bergabung di Hanura sudah 14 tahun. Bahkan pendiri dengan bang Ongen. jadi, saya sama-sama pendiri mundur,” ucap dia.

Sebelum mengundurkan diri, Syarifuddin menyatakan, Bang Ongen pada 18 Agustus 2021, mengumpulkan pengurus partai mulai dari DPD dan DPC menyampaikan pengunduruannya sebagai Ketua DPD Hanura sekaligus kader.

Baca Juga  Dramatis, Spanyol Imbangi Jerman 1-1 di UEFA Nations League

Lalu, dia mengucapkan mohon maaf atas pengunduran dirinya apabila ada ucapan atau kekeliruan dalam kepemimpinannya. “Ketua Badan Pemenangan Pemili (Bappilu), Bendahara, Dewan Pakar, dan Katua Dewaan Penasehat Partai juga ikut mundur mundur hari ini. Sebagian pengurus juga ikut munduru,” ucapnya.

Syarifuddin menambahkan, tidak menutup kemungkinan Bang Ongen akan terjun kembali ke dunia politik jika suasan sudah kondusif dari Covid-19.

Namun, kendaraan politiknya apa? kata dia, masih melihat situasi ke depan. “Ada beberapa pimpinan partai politik sudah komunikasi dengan Bang Ongen, tapi belum putuskan langkah selanjutnya,” tandas dia. (red)