P-MAK Kembali Geruduk KPK dan DPP Demokrat, Desak Adili dan Copot Hendrata Thes

oleh -85 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Pemuda dan Mahasiswa Anti Korupsi(P-MAK) kembali menggeruduk gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta pada Senin (4/11/2019) tadi.

Aksi ketiga ini dilakukan setelah aksi pertama dan kedua terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes beberapa waktu lalu.

“Aksi demo kali ini merupakan lanjutan dari dua aksi sebelumnya pada minggu lalu,” ucap Fandi Wakano selaku Koordinator Lapangan di pelataran gedung KPK.

Dalam aksinya, puluhan mahasiswa ini membawa poster dan spanduk bergambar foto wajah Hendrata Thes sebagai bentuk protes atas ketidakseriusan KPK dalam menangani kasus dugaan korupsi Bupati Kepulauan Sula.

P-MAK sendiri merupakan aliansi mahasiswa yang lahir dari kumpulan aktivis-aktivis mahasiswa dan pemuda yang berasal dari Kepulauan Sula, Maluku Utara dan Maluku yang berkuliah dan beraktivitas di Jakarta.

Baca Juga  Audrey Tapiheru & Henry Gaspersz Ramaikan 'Melomaniac 6th Episode'

Pantauan media ini, masa menuntut KPK agar segera menangani sejumlah praktek korupsi di Kabupaten Kepulauan Sula yang diduga melibatkan Hendrata Thes, yakni kasus Jaringan Irigasi Modapia, Reklamasi Pantai Sanana, Bendungan Waibugis, Bandungan Kaporo dan jalan Waitinagoi-Wailoba, yang merugikan keuangan negara puluhan milyar rupiah, sejak 2014 lalu.

Dugaan korupsi tersebut juga berdasarkan hasil dari BPK yang menemukan kerugian negara mencapai miliaran rupiah.

P-MAK juga menyayangkan hingga saat ini belum ada satupun penyidikan lanjutan oleh pihak Kejaksaan Tinggi dan Polda Maluku Utara terkait hal itu.

Semenrara Sena Umasugi salah satu orator menyampaikan, jika dalam satu minggu KPK tidak menindaklanjuti kasus tersebut, maka P-MAK akan kembali turun dengan membawa massa lebih banyak lagi sampai kasus bupati ini diproses hukum,“ tegasnya.

Baca Juga  Gisel Menangis Ceritakan Sikap Gading Marten saat Tahu soal Video Syur, Akui Mantan Suaminya Begini

“Pada prinsipnya kami mendukung penuh kinerja KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi. Tinggal kami pantau kinerjanya terkait kasus Bupati Kepulauan Sula ini,” kata Sena pada wartawan.

Untuk diketahui, sebelum menggelar aksi di KPK, massa P-MAK juga melakukan aksi unjuk rasa di depan Rumah Aspirasi DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi No.10, Menteng, Jakarta Pusat

Mereka mendesak pimpinan partai berlambang Mercy itu agar segera mencopot Hendrata Thes dari jabatannya selaku Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Utara.

Hendrata dianggap mencemarkan nama baik partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu, karena diduga terlibat praktek korupsi. (red)/rtl)