Pajak Ambon Gelar Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Melalui E-Filling 2020

oleh -364 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Maluku menyelenggarakan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi melalui e-filing Tahun 2020 yang berlangsung di Aula kantor Pelayanan Pajak, Selasa (3/3/2020).

Turut hadir dan mengisi SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun 2020 adalah Gubernur Maluku, Kajati Maluku, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Walikota Ambon, Pangdam XVI Pattimura Ambon, Kapolda Maluku, Danlantamal IX Ambon, Rektor Universitas Pattimura Ambon, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Kepala Perwakilan OJK

Pekan Panutan ini bertujuan untuk memberikan contoh atau tedalan kepada masyarakat Wajib Pajak agar menyampaikan SPT Tahunan setiap tahun sebelum tanggal 31 Maret. Dengan diselenggarakannya pekan panutan ini diharapkan adanya kepatuhan Wajib Pajak akan terus meningkat.

Dalam sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Maluku, Meggy Samsons menjelaskan pajak memiliki peran yang sangat vital dalam mendukung pembangunan nasional karena salah satu penumpang pendapatan nasional berasal dari penerimaan pajak yang menyumbang hampir 80% dari seluruh penerimaan negara.

“Peranan pajak sebagai sumber utama pembiayaan negara dan daerah dalam APBN maupun APBD dari tahun ke tahun semakin besar. Bahkan idealnya APBN dan APBD sepenuhnya dapat kita biayai dari penerimaan sektor perpajakan,” jelasnya.

Baca Juga  Ketua PSI Ternate Tuding Tim TULUS Provokatif

Dia berharap kegiatan ini juga dapat melahirkan kesadaran yang bersumber pada pengetahuan tentang tata cara perpajakan nasional pelayanan yang lebih terbuka dan administrasi yang lebih baik yang akan mendorong partisipasi aktif dalam menunjang pembiayaan APBN APBD melalui sektor pajak.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon, I Made Agus Hari Sentana, dalam sambutannya mengatakan, hari ini KPP Pratama Ambon menyelenggarakan kegiatan tentang panutan SPT tahunan PPH OP Tahun 2019. Kegiatan pekan panutan ini dilaksanakan agar para tamu undangan bersama-sama melaporkan SPT tahunan tahun pajak 2019 secara elektronik (E-Filling).

“Berdasarkan surat edaran Menpan-RB nomor 41 tahun 2019 tentang kewajiban penyampaian surat pemberitahuan wajib pajak orang pribadi oleh aparatur sipil negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui E-Filing. Melaporkan SPT tahunan melalui E-Filling sangat memudahkan menggunakan perangkat atau gadget yang terhubung dengan internet, lapor SPT tidak tepat dilakukan kapan saja dan dimana saja,” kata Made.

Baca Juga  PKK Kabupaten Buru Rayakan Hari Ibu Dengan Penerapan Protokol Covid

Made menjelaskan sampai dengan saat ini jumlah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Ambon adalah sebanyak 249.047 WP dengan jumlah WP yang wajib lapor SPT adalah 94.726 wajib pajak lapor pada tahun 2019 sebanyak 75,11 atau 80,29%. Diharapkan acara ini dapat mendorong peningkatan angka kepatuhan WP di wilayah provinsi Maluku pada tahun 2020.

Made berharap agar acara ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar dan menjadi panutan untuk seluruh warga masyarakat khususnya masyarakat yang berada di wilayah provinsi dan menjadikan Maluku menjadi provinsi Maluku sadar pajak.

Dalam rangka kampanye pajak, Kanwil DJP Papua dan Maluku juga berencana akan menggelar acara spektakuler 2020 pada Sabtu, 8 Maret 2020 di Lapangan Merdeka Ambon. Dalam acara tersebut akan digelar acara funwalk, live music, layanan pajak, kuis, games dan tersedia juga puluhan doorprize untuk wajib pajak atau masyarakat yang beruntung. Acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan tidak dipungut biaya. (ebot)