Pakar Asing Sebut Nasib Papua Makin Parah Jika Prabowo Memerintah

oleh -154 views

Porostimur.com, Jayapura – Profesor ilmu politik Asia Tenggara dan masalah keamanan di National War College, Washington DC, Zachary Abuza, memprediksi nasib Papua jika Prabowo Subianto menang pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dan memerintah Indonesia.

Dalam artikel CNN berjudul “Once banned from the US, this fiery ex-army general is poised to lead Indonesia. What to expect”, Abuza mengatakan calon presiden nomor urut 2 itu kemungkinan besar akan menitikberatkan fokusnya pada masalah Papua.

“Papua akan menjadi titik mula bagi banyak kebijakan Prabowo,” kata Abuza.

Papua adalah provinsi Indonesia yang hingga kini bergolak. Konflik di Papua umumnya akibat kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang belum selesai hingga diskriminasi terhadap orang-orang Papua.

Link Banner

Situasi Papua kian panas dengan kehadiran pasukan TNI dan Polri guna melawan apa yang disebut pemerintah Indonesia sebagai kelompok kriminal bersenjata.

Baca Juga  Uji Nyali Yang Mulia: Analisis Jelang Putusan Mahkamah Konstitusi

Menurut Abuza, kondisi di Papua ini bakal semakin parah karena rekam jejak Prabowo yang diduga pernah memerintahkan militer untuk menindas masyarakat Papua.

“Dia pernah menyarankan respons militer untuk menghancurkan masyarakat Papua dan saya rasa dia tidak akan menjadi orang yang akan mencari solusi politik,” ucap Abuza.