Pandemi Belum Usai, SMP Negeri 7 Ambon Memberlakukan Pendaftaran Secara Online

oleh -53 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Akibat pandemi yang belum usai, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Ambon melakukan penerimaan siswa baru secara online.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Ambon, Hasan Tuahuns, kepada wartawan Poros Timur di ruang kerjanya, Rabu (25/6/2021).

“Untuk penerimaan siswa baru, SMP Negeri 7 Ambon tentunya berpedoman pada Permendikbud No. 1 tentang penerimaan peserta didik baru. Peraturan tersebut dijabarkan kembali oleh Dinas Pendidikan Kota Ambon dan dari adanya peraturan-peraturan tersebut, sehingga semua sekolah di Kota Ambon termasuk SMP Negeri 7 memberlakukan pendaftaran secara online”, ujarnya.

Hasan menjelaskan, bahwa semua calon peserta didik yang ingin mendaftar di SMP Negeri 7, bisa mendaftar ke link SMP Negeri 7 yang sudah disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Ambon.

Lanjutnya, untuk pendaftaran di SMP Negeri 7 terdiri dari empat kriteria jalur pendaftaran yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kota Ambon. Yang pertama yaitu jalur zonasi tempat tinggal. Untuk zonasi ini batas wilayah untuk jalur zonasi di SMP Negeri 7 dari Batu Koneng sampai dengan Kota Jawa. Untuk jalur yang kedua yaitu jalur afirmasi. Jalur afirmasi digunakan bagi siswa yang memiliki ekonomi kurang mampu dengan dibuktikan surat keterangan kurang mampu dari kantor desa setempat.

Baca Juga  Warga Siri Sori Amalatu Tewas Ditembak OTK

Disebutkannya, Jalur yang ketiga yaitu jalur prestasi. Jalur ini dapat digunakan untuk siswa yang memiliki prestasi, dibuktikan dengan nilai rapor yang baik atau sertifikat berprestasi lainnya. Untuk jalur keempat yaitu jalur perpindahan orang tua, dapat dibuktikan dengan SK pindah orang tua untuk anak tersebut.

“Untuk pendaftaran secara online ini memang adalah hal yang baru sehingga tidak menutup kemungkinan ada kendala-kendala. Kebanyakan kendala ada di SD dan juga dari para orang tua siswa yang masih kebingungan untuk mendaftar secara online”, bebernya.

Dirinya menandaskan, untuk kendala-kendala tersebut, pihak sekolah siap membantu operator SD ataupun orang tua murid yang kebingungan untuk mendaftar secara online, asalkan menyiapkan berkas-berkas untuk pendaftaran secara lengkap.

Baca Juga  Lapangan Merdeka & Taman Pattimura Ambon Jadi Kawasan Wajib Masker

Hasan menuturkan, sejauh ini yang sudah mendaftar di SMP Negeri 7 menggunakan empat jalur tersebut, kurang lebih 200 calon peserta didik. Untuk proses selanjutnya dari 200 siswa yang mendaftar tersebut akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau tidak.

“Jadi kami hanya menunggu hasil dari Dinas Pendidikan saja untuk menentukan apakah siswa tersebut dapat diterima di SMP Negeri 7 Ambon ataukah tidak”, tutupnya. (nur)

No More Posts Available.

No more pages to load.