Pandemi Tak Terkendali, Tim Mitigasi IDI Minta Pemerintah Lakukan Tes Covid-19 Serentak

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan strategi testing secara serentak bagi seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Tim Mitigasi IDI, Moh Adib Khumaidi mengatakan, hal itu bertujuan sebagai diagnosa dini agar dapat tindakan segera bagi yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam situasi penularan virus corona saat ini yang tidak terkendali, testing ini dibutuhkan untuk bukan hanya screening (penyaringan), namun juga tracing (penelusuran) dan evaluasi penyembuhan.

“Saat ini angka testing di Indonesia masih baru mencapai kurang dari 5 persen dari total populasi penduduk Indonesia,” kata Adib dalam keterangan yang diterima redaksi porostimur.com , Kamis (28/1/2021).

Link Banner

Lebih jauh, tim Mitigasi IDI juga mengimbau pemerintah setempat dan pengelola fasilitas kesehatan untuk memberikan tes rutin untuk mengetahui status kondisi kesehatan terkini para pekerja medis dan kesehatan yang bertugas menangani pasien.

Baca Juga  Tuntutan Tidak Direalisasi Masyarakat Desa Tawa Sepakat Tolak Pilkada

Berdasarkan data yang dirangkum Tim Mitigasi IDI dan persatuan profesi lain, dari Maret hingga 27 Januari 2021, terdapat total 647 petugas medis dan kesehatan yang meninggal karena terinfeksi virus corona.

Terdiri dari 289 dokter (16 guru besar) dan 27 dokter gigi (3 guru besar), 221 perawat, 84 bidan, 11 apoteker, 15 tenaga lab medik.

Meskipun program vaksinasi sudah mulai dilakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, namun hal ini
merupakan upaya pencegahan (preventif).

“Kondisi ini tidak akan berjalan maksimal apabila masyarakat tetap abai dalam menjalankan protokol kesehatan 5M; yakni Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, Menjaga jarak, Membatasi Mobilitas, dan Menghindari Kerumunan,” ungkap Adib. (red)