Pandemik Corona, Begini Suasana Hari Pertama Ramadhan di Ambon

oleh -215 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hari pertama puasa Ramadhan disambut sebagian warga dengan tetap berdiam di rumah. Meski rindu bepergian, mereka berusaha tetap di rumah demi menghindari bahaya pandemi Covid-19.

Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah, tahun ini di Kota Ambon pun lebih sepi dari tahun-tahun sebelumnya dimana panjual takjil atau makanan berbuka puasa yang menjadi menu paling dicari umat Muslim bertabaran di sejumlah tempat di Kota Ambon.

Ramadhan kali ini tak seperti biasanya. Pusat dagangan takjil di kawasan Jalan Sultan Baabullah hingga depan Masjid Raya Al Fatah dan sepanjang jalan di Desa Batu Merah nampak lebih sepi.

Suasana ramai yang biasanya menjadi pemandangan pada saat Ramadan dimana masyarakat membeli takjil untuk berbuka puasa seperti Kue, Kolak, Asida, hingga lauk pauk bahkan minuman beraneka jenis terlihat labih sepi, bahkan diberi jarak.

Antar satu penjual dengan penjual yang lain maupun antara penjual dan pembeli dibatasi semprotan cat warna putih di atas aspal dengan jarak lebih kurang satu meter.

Baca Juga  Puttileihalat masih dalam ”range” sasaran Ditreskrimsus Polda Maluku

Hari pertama puasa, jumlah lapak penjualan di kawasan depan Masjid Raya lebih sedikit dari tahun-tahun sebelimya, begitu pula jumlah pembeli.

Takjil yang dijual harganya hampir tak berubah, seperti tahun 2019 lalu, aneka kue dijual dengan harga mulai dari Rp 5 ribu/bungkus, begitupun dengan minuman dijual dengan harga Rp 5 ribu-10 ribu/kantong.

Tika, salah satu pedagang takjil di depan Masjid Raya Al Fatah mengaku, dirinya berdagang takjil ini sebagai satu rutinitas tahunan di bulan Ramadan. Namun di ramadhan kali ini dia tidak terlalu berharap seperti tahun-tahun sebelumnya.

Meski demikian, Tika mengaku senang berjualan takjil, sebab disamping untuk membantu perekonomian keluarga, sekaligus aktivitas menghibur diri di bulan puasa.

Baca Juga  Pembangunan partisipatif, landasan terbentuknya LPM

Sementara itu, aktivitas  warga masyarakat di kota Ambon, Provinsi Maluku khususnya sejak pagi hingga sore hari terlihat lebih sepi biasanya.

Pantauan porostimur.com di sejumlah kawasan, tampak jalan-jalan yang biasanya dipadati kendaraan terlihat lengang.

Di beberapa jalan antara lain, Jalan AY. Patty, Jalan Tulukabessy, Persimpangan Gong Perdamaian, Simpang Trikora depan Gereja Silo, maupun Kawasan Batu Merah, terlihat hanya beberapa kendaraan yang lalu lalang dan tidak terjadi penumpukkan dikawasan yang selama ini menjadi langganan kemacetan.

Begitupun dengan kawasan Pasar Mardika dan Pasar Batu Merah, akivitas jual beli yang terjadi bisa dikatakan cukup sepi dibanding hari-hari biasa.

Hal ini dimungkinkan karena warga lebih memilih untuk tetap berada di rumah akibat pandemi Covid-19. (red)

Baca Juga  Wujudkan "Ambon City Of Music", Pemkot Siapkan Kurikulum Musik