Pangdam Cendrawasih Kirim Salam ke Egianus Kogoya. “Segera Gabung ke NKRI”

oleh -58 views
Link Banner

@porostimur.com | Jayapura: Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengirimkan salam kepada pimpinan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PD) Egianus Kogoya, agar segera menghentikan perlawanannya dan tidak lagi melakukan kekerasan bersenjata.

Dilansir kumparan.com, Pangdam juga meminta meminta Egianus untuk merapat ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sampaikan sama kepada dia (Egianus Kogoya) ya. Salam saya untuk Egianus Kogoya segera bergabung ke NKRI,” ucap Yosua, usai melakukan serah terima jabatan di lingkungan Kodam XVII Cenderawasih di Kota Jayapura, Papua, Sabtu, (27/7).

Yosua melihat, selama ini Egianus belum sepaham, sehingga harus dirangkul dan mengajaknya kembali ke pangkuan ibu pertiwi (Indonesia). “Kami masih lakukan pendekatan–pendekatan terhadap kelompok yang bersemberangan,” katanya.

Link Banner

Menurut Yosua, daerah di Papua sama dengan tempat yang lainnya, hanya saja di Papua masih ada KKB yang melakukan pergerakan secara gerilya. “Kadang muncul, kadang tidak. Kebetulan Egianus selalu melakukan aksi di sekitaran Kabupaten Nduga, seperti Mbua, Mapenduma, dan Yororo. Tapi, TNI tetap melakukan penjagaan,” ujarnya.

Baca Juga  Usut laka lantas, ujungnya ternyata pengolahan batu sinabar
Egianus Kogoya. (Foto: istimewa)

Yosua juga mengatakan, namanya KKB, jelas meraka akan melakukan tindakan kekerasan, selagi tak ditangkap. “Hari ini dia (Egianus) tenang, nanti saat kita lengah dia mulai lagi. KKB ini layaknya benang kusut,” ujarnya.

Sedangkan mengenai pengungsi Kabupaten Nduga, Yosua membantah tak ada pengungsi pasca aksi KKB kemarin. Jika pun ada, TNI sudah mendirikan tenda darurat di sekitaran lokasi kejadian.

“Jika pun mereka pergi ke kabupaten sekitarnya, seperti ke Kabupaten Lanny Jaya atau Kabupaten Jayawijaya, karena mereka (warga Nduga) berkunjung ke sanak keluaragnya. Jumlah pasti data pengungsi, saya belum dapatkan,” jelasnya. (red/kc)