Pangdam Pattimura: Kota Ambon Butuh Ruang Terbuka Hijau

oleh -77 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Keberadaan ruang terbuka hijau (open green space) cenderung selalu diabaikan dalam perencanaan kawasan perkotaan, padahal ruang terbuka hijau dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.
Hal itu disampaikan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, kepada sejumlah wartawan, di ruang kerjanya, Selasa, 03/08/2021.

Dalam suasana yang bersahabat dan bincang santai dengan wartawan itu, Pangdam tiba-tiba mengajak awak media berdiri dan menghampiri jendela kaca kantornya. Pemandangan teluk Kota Ambon yang indah terlihat langsung dari ruang kantornya. Sang Jenderal kemudian menunjuk salah satu lokasi yang ada didepan mata, tepatnya di Taman Victoria yang terlihat kosong itu.
Pangdam lalu bercerita soal perlu adanya ruang terbuka hijau yang lebih banyak di Kota Ambon.
“Kota-kota di negara maju telah menggunakan konsep ruang terbuka hijau (open green space) sebagai salah satu penerapan dari infrastruktur hijau. Adanya ruang terbuka hijau menyediakan tempat rekreasi dan mendorong masyarakat sekitar berjalan kaki dan bersepeda daripada berpergian menggunakan kendaraan bermotor sehingga emisi karbon dari transportasi dapat berkurang”, ungkap Pangdam.

Baca Juga  Mengacu Aturan WHO, Jokowi Wajib Isolasi 14 Hari Meski Negatif Corona

Lanjut Pangdam, sebagian besar lahan di Kota Ambon sudah tertutup dengan beton dan aspal sehingga apabila hujan turun, limpahan air yang dihasilkan akan sangat besar dan akan mengakibatkan banjir.
“Jadi tanah kosong yang luas itu akan sangat bermanfaat jika digunakan sebagai lokasi ruang terbuka hijau, selain bisa menyerap air hujan, tempat itu juga bisa dijadikan tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar, hal itu sangat cocok diterapkan di Kota Ambon yang mulai terbatas lahannya,” kata Jenderal bintang dua itu.

Pangdam menyebutkan, begitu banyak manfaat yang dihasilkan dengan penerapan konsep ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan mengingat situasi pemanasan global yang terjadi semakin parah.
“Saya sudah mengusulkan ke beberapa pihak terkait untuk melihat hal ini. Saya menyarankan kepada mereka bahwa konsep ruang terbuka hijau itu harus diterapkan di Kota Ambon, terutama di kawasan Pantai Mardika ini, karena disinilah pusat perekonomian Kota Ambon,” kata Jenderal yang tak lama lagi akan naik Bintang Tiga itu, sambil menunjuk lokasi Taman Victoria yang ada didepan mata.

Selain itu, kata Pangdam, jumlah penduduk yang sangat padat telah menyebabkan sebagian besar lahan alami yang ada dikonversi menjadi kawasan pemukiman ataupun komersial sehingga diperlukan sebuah konsep pembangunan yang ramah lingkungan untuk meminimalisasi dampak negatif yang ditimbulkan. (muklis)

No More Posts Available.

No more pages to load.