Panglima OPM Egianus Kogeya Tuntut Bebaskan Mispo Gwijangge

oleh -99 views
Link Banner

Porostimur.com |Wamena: Setelah permintaan penasehat hukum Mispo Gwijangge lewat KPAI untuk memeriksa gigi karena diperkirakan masih anak-anak, muncul juga tuntutan dari OPM.

Menurut Panglima OPM Ndugama, Brigjen Egianus Kogeya, Mispo bukan kombatannya.

Dikutip porostimur.com dari gatra.com, Mispo merupakan terdakwa kasus pembunuhan 17 karyawan PT Istaka Karya di Nduga, Papua, pada 2 Desember 2018.

“Mispo yang ditangkap Pasukan Kemanan Indonesia di Wamena dan Sekarang diadili di Jakarta bukan merupakan Anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Ndugama,” kata Kogeya.

“Bukan Anggota TPNPB Kodap III Ndugama, melainkan masyarakat civil biasa. Kami berjuang tidak asal-asalan, tetapi bagi siapa saja yang menjadi Pejuang Papua Merdeka adaalah orang-orang yang sudah punya jiwa berpatriot bangsa yang secara alamiah dan berdiri sebagai pasukan TPNPB,” katanya.

Baca Juga  Ramli Umasugi Calonkan Diri Sebagai Ketua DPD Golkar Maluku

“Dengan demikian, maka semua (lengkap) jumlah anggota pasukan TPNPB ada di tangan kami, yang terutama Pasukan TPNPB Kodap III Ndugama,” kata Bridgen Egianus Kogeya dalam laporannya.

“Mispo Gwijangge adalah warga sipil murnih, dan dia bukan anggota TPNPB Ndugama. Oleh karena itu kami TPNPB Ndugama desak pemerintah Indonesia untuk segera bebaskan Mispo Gwijangge,” katanya. (red/rtm/gatra)