Pantau UAMBN MTs, Kabid Pendis Kanwil Kemenag Malut Sambangi 5 Madrasah

oleh -86 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Adam Ma`rus, Senin (16/3/2020) melaksanakan monitoring dan evaluasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di 5 Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Halmahera Barat,

Adapun kelima madrasah tersebut adalah MTSN Halbar di Bobaneigo, Mts Al Huda Sidangoli, Mts Al Khairaat Sidangoli, Mts Al Furqan Tataleka, dan terakhir Mts Nurul Haq Bukubualawa.

Saat di MtsN Halbar pagi tadi, di hadapan siswa Kabid berpesan agar dalam menjalani proses belajar mengajar baik siswa maupun guru bukan menargetkan mendapat nilai yang baik dalam ujian akan tetapi ilmu yang ada lebih sebagai bekal kehidupan kedepan, “Ujian merupakan proses dari pembelajaran tetapi bukan menjadi target akhir yang harus dicapai” jelasnya.

Baca Juga  Seorang Antua dari Waimital

Selalu menjaga kesehatan dalam menjalani ujian juga merupakan nasehat dari H. Adam mengingat maraknya berita tentang wabah covid 19 atau lebih dikenal dengan virus Corona.

Selain itu Kabid berpesan bahwa seluruh guru dan stakeholder madrasah untuk bersama-sama ikut mensukseskan ujian akhir Madrasah tingkat MTs Maluku Utara tahun 2020.

Sementara itu di depan Kepala Madrasah dan Guru di setiap Madrasah yang dikunjungi, H. Adam menyampaikan bahwa Bidang Pendis selalu berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui 3 hal sebagai berikut : 1. Pelaksanaan 10 Budaya Madrasah, 2. Digitalisasi Kelas, 3. Penggunaan Bahasa Asing dan Daerah dalam proses belajar mengjar yang sering dikenal dengan Marasai serta yang tidak kalah penting Peningkatan Sarana dan Prasarana Madrasah.

Baca Juga  5 Lagu Perjuangan Kaum Kulit Hitam

Oleh sebab itu diberbagai kesempatan Kabid selalu mendengar kendala yang dihadapi madrasah, sekaligus sosialisasi serta monitoring pelaksanaan 3 hal dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas madrasah seperti yang telah disebutkan diatas.

Kepada awak humas Kabid Pendis menjelaskan bahwa menurut laporan tim pemantauan UAMBN dan UAMBNBK di Gedung MDC Ternate, bahwa ujian hari pertama tingkat MTs berjalan normal dan terkendali, beliau juga menambahkan bahwa Bidang Pendis menurunkan beberapa personil untuk melihat secara langsung pelaksanaan UAMBN di beberapa Kab/Kota dan akan melaporkan secara langsung terkait monitoring tersebut sebagai bahan evaluasi kedepan.

Dihubungi via seluler, Jamaludin Sehat, Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyampaikan hasil pantauan langsung pada dua MTs di Pulau Makian Halmahera Selatan.

Baca Juga  Fenomena Awan Cumulonimbus, BMKG Minta Warga Ambon Waspada

Jamal mengabarkan bahwa pelaksanaan UAMBN di MTs Suma sebanyak 16 peserta, dan MTs Muhammadiyah Matsa sebanyak 32 peserta telah mengikuti UAMBN dengan aman, lancar dan terkendali. “UAMBN dilaksanakan 3 hari dengan mata pelajaran Fiqh, Al Quran Hadist serta Sejarah Kebudayaan Islam”, jelasnya menutup pembicaraan.

Perlu diketahui Bidang Pendis juga melaksanakan monitoring langsung pelaksanaan UAMBN Mts di Halmahera Timur, dan Halmahera Tengah, akan tetapi hingga berita ini diturunkan, awak humas belum bisa menghubungi yang bersangkutan, mengingat monitoring biasanya dilaksanakan pada daerah dengan kategori terpencil. (red/inmas)