Panwascam Ternate Tengah Lakukan Bimtek untuk 116 Pengawas TPS

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Badan Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwascam) Kota Ternate Tengah melakuakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan simulasi sistem pengawas pilkada 2020 daring berbasis android atau SIWASLU, untuk Pengawas tempat pemumgutan suara (PTPS) Ternate Tengah.

Ketua Panwascam Kota Ternate Tengah Mustakim Jamal mengatakan bagi kami di panwascam kota Ternate Tengah tentunya kegiatan ini berguna bagi kami, karna memang pengawas TPS adalah unjung tombak bagi Panwascam Ternate Tengah.

“Dan pengawas TPS adalah orang-orang berhadapan langsung dengan orang-orang yang melakukan pemilihan dan petugas yang akan melaksanakan tugas di TPS masing-masing,” ujarnya pada sejumlah wartawan, Kamis (3/12/20/2020).

Oleh karna itu, kata dia, para pengawas TPS atau PTPS, harus diberikan materi penguatan kepada petugas pengawas, agara supaya mereka melaksanakan tugasnnya dengan baik sesuai petunjuk dan aturan-aturan yang berlaku.

Dirinya menuturkan Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Dragon ini, dengan jumlah PTPS yang hadir pada hari ini berjumlah 116 orang sesuai dengan jumlah TPS yang ada di kota Ternate Tengah dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Baca Juga  Lakalantas Kembali Terjadi di Labuha, Pengendara Sepeda Motor Tewas di Tempat

“Bimtek dilanjutkan dengan simulasi dari bawaslu kota Ternate, yakni simulasi pengisian siwaslu atau pengisian alat kerja Online dimiliki oleh bawaslu,” ungkapnya.

Dirinya juga mengharapakan pada petugas PTPS agar menjunjung tinggi sportivitas, netralitas dan integritas itu hal penting untuk melaksanakan tugas dan kewenanganya di tangal 9 Desember nanti. Dan juga dia berharap, masyarakat kota Ternate Tengah untuk datang memilih pada tangal 9 Desember dan hidari politik uang, Hoks dan ujaran kebencian.

Kemudian kata dia, kami juga mengantidipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dilapngan nanti, apapaun bentuk pelangaranya kami akan tetap tindak lanjut tergantun dari laporan ataupun temuan.

Karna di hari mendekati injuritime ini, banyak hal yang akan dilakukan oleh Panwascam Ternate Tengah. Kata dia apabila ada masyarakat yang menemukan pelangaran maka langsung melapor kepada jajaran Panwas.

Baca Juga  Sebaiknya Dihindari, Ini Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur

“Dan muda-mudahan pemilihan walikota khususnya di Ternate Tengah berjalan dengan baik dan berakhir dengan baik juga,” harapnya.

Sekedar diketahui dalam pelaksanaan bimtek tersebut turut ketua bawaslu Maluku Utara, Kordif HPP Bawaslu Kota Ternate untuk memberikan bobotan materi. (alfian)