Paolo Maldini Bikin AC Milan Kembali Ditakuti di Serie A

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Milan: Mantan pelatih AC Milan, Alberto Zaccheroni, menyebut Direktur Teknik Milan sekaligus legenda klub itu, Paolo Maldini, sebagai penyebab kebangkitan I Rossoneri pada musim ini.

Milan masih kokoh di puncak klasemen sementara Serie A Italia 2020-2021, dengan mengoleksi 34 poin.

Skuad yang dilatih oleh Stefano Pioli itu menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Serie A serta lima kompetisi top lain di Eropa.

”Kalau asumsi Milan menempati urutan pertama hanya karena absennya suporter di stadion? Tentu tidak, ada banyak faktor,“ kata Zaccheroni, Rabu (23/12/2020).

“Maldini adalah salah satunya. Saya sangat mengenal Paolo dan dia lebih tahu lagi dinamika internal tim. Dia melakukannya sebagai kapten dan akan melakukannya pada hari ini sebagai Direktur Teknik, dengan tanggung jawab yang lebih besar,“ tambahnya.

Baca Juga  Senja yang Menjadi Saksi

“Dia tahu bagaimana membuat Anda merasa nyaman, mengenyahkan ketidakteraturan, membantu saat tim berada dalam kesulitan,“ kata Zaccheroni.

Diutarakan Zaccheroni, kemampuan yang dimiliki Maldini sangat langka dan hasil kerjanya sangat dirasakan oleh pemain-pemain Milan saat ini.

“Itu adalah warisan yang tidak dimiliki oleh orang lain, para pemain hari ini merasakannya. Dia memberikan kepastian, (Zlatan) Ibramovic mengambil tanggung jawab lain. Dia sepertinya berkata, ‘Saya akan mengurusnya, dalam kesulitan, bersandar kepada saya’,” tutur Zaccheroni.

Kata Zaccheroni, kehadiran Ibramovic di Milan bisa membuat kesebelasan itu meraih gelar juara Serie A musim ini.

“Prediksi saya tentang Scudetto, saya akan menjawab, ‘Klub di mana Zlatan bermain, tunjukan’,” tambah Zaccheroni.

Baca Juga  Benarkah Gaji ASN Naik Rp9 Juta Tahun Depan? Ini Jawaban Kemenkeu

Milan menjadi satu-satunya klub yang dibela Maldini selama tahun 1984-2009.

Di level manajerial, dia lebih dulu menjabat sebagai Direktur Pengembangan dan Strategi Olahraga, sebelum naik jabatan sebagai Direktur Teknik.

Selama bermain untuk Milan, Maldini, yang berposisi sebagai bek, mempersembahkan tujuh Scudetto dan lima trofi Liga Champions.

Adapun Zaccheroni adalah pelatih Milan pada periode 1998-2001. Kala itu dia meraih satu Scudetto pada akhir musim 1998-1999.

(red/wartakotalive)