Para Kades di Obi Diduga Memberi Uang Tip ke Tim Audit Inspektorat

oleh -143 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Sejumlah Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara, diduga telah memeberi uang kepada sejumlah oknum pegawai Inspektorat saat melakukan audit.

Oknum pegawai inspektorat tersebut diduga adalah tim auditor inspektorat Halsel yang sedang melakukan audit Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di wilayah Obi.

Sejumlah warga Obi yang enggan menyebutkan namanya, membeberkan bahwa para Kades diduga memberi uang kepada pegawai inspektorat yang diduga tim audit inspektorat saat melakukan audit ADD dan DD tahun anggaran 2020 di lapangan.

“Kalau tim audit inspektorat turun audit DD dan ADD, kami sering dengar sejumlah Kades di wilayah tersebut memberi uang ke tim audit. Tapi kami tidak tahu itu uang yang diberikan itu dengan tujuan apa,” kata salah satu warga, Selasa (29/12/2020).

Inspektur Inspektorat Halsel Ismail Marasabessy saat dikonfirmasi wartawan dikantornya, membantah adanya praktek tersebut.

Baca Juga  Rangkul warga, Polda Maluku gelar sholat subuh berjamaah

Ismail bilang, informasi yang disampaikan warga belum tentu benar. Namun apabila informasi warga itu benar maka pihaknya akan memberi sangsi tegas kepada staff yang nakal.

“Apa yang disampaikan warga itu belum tentu benar. tetapi bila itu benar, maka pegawai yang bersangkutan akan saya berikan sanksi agar yang bersangkutan tidak lagi diturunkan ke lapangan untuk melakukan audit,” tegas Ismail. (adhy)