Pariwisata Goes To School 2019, Dispar Maluku targetkan 550 siswa SMU

oleh -52 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Kegiatan Pariwisata Goes to Campus 2018 mendulang sukses besar dari sisi penyelenggaraanya.

Berangkat dari pengalaman tersebut, Dinas Pariwisata Maluku melanjutkan kegiatan yang sama dengan sasaran yang berbeda yaitu 550 siswa SMA di Provinsi Maluku.

Dimana, even ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dunia pariwisata kepada siswa-siswi SMU.

Pariwisata Goes To School 2019 kali ini menargetkan 550 siswa SMU di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Sebanyak 300 siswa SMA dari SMA Negeri 1 Ambon, SMAN 3 Ambon dan SMAN 13 Ambon, mengikuti Pariwisata Goes to School 2019, di Hotel Marina Ambon, Jumat (3/5).

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Senin (6/5), hal ini pun dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Maluku Ir. Habiba Saimima,M.Si.

Melalui kegiatan ini, akunya, para siswa SMA diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam mempromosikan kekayaan pariwisata Maluku di antaranya melalui media sosial (medsos).

Baca Juga  BPPSDM Kemenkes RI Apresiasi Pendayagunaan TKWNA di Ambon

”Para siswa yang umumnya telah terbiasa aktif di media sosial online, hendaknya dapat memposting gambar dan video positif terkait pariwisata. Untuk itu, dalam ajang ini para siswa juga diajarkan tentang teknik membuat foto dan video menggunakan smartphone. Selain itu, para siswa juga dibekali dengan materi tentang dunia pariwisata Indonesia dan Maluku, digital online pariwisata, serta peran millenial dalam pariwisata,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan yang sama juga telah digelar pihaknya di SMA Negeri 1 Leihitu Kabupaten Malteng, diteruskan pada beberapa SMU di Kabupaten Malra dan dilanjutkan dengan SMU di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

”Setelah mengikuti kegiatan ini, para siswa diharapkan dapat berperan aktif memperkenalkan pariwisata Maluku melalui medsos, membantu memberikan vote pada pariwisata Maluku dalam ajang lomba pariwisata, seperti Anugerah Pesona Indonesia, serta dapat menjadi kader penggerak sadar wisata di lingkungannya,” jelasnya.

Baca Juga  Badan Keamanan Laut Bagikan Ratusan Masker Kain Kepada Nelayan di Dusun Seri

Selain itu, terangnya, dalam kegiatan ini juga telah dibentuk suatu komunitas baru, para millennial siswa SMU peduli pariwisata yang dinamai Maluku Millenials Tourism Community.

”Para siswa yang telah mengikuti kegiatan Pariwisata Goes To School nantinya menjadi bagian dari komunitas ini, dimana pada setiap SMU akan ada chapter, yang dikelola sendiri oleh siswa SMU tersebut. Komunitas ini diharapkan akan menjadi wadah untuk, melakukan komunikasi dan berbagi informasi tentang pariwisata, melalui pembinaan Dinas Pariwisata Maluku,” tegasnya.

Ditambahkannya, sebagai kelanjutan dari pelatihan ini, siswa ketiga SMA dimaksud diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba foto pariwista Maluku, dalam even Festival Teluk Ambon.

”Foto-foto terbaik para siswa ini diupload pada Instagram @exoticmaluku dengan menyertakan caption sesuai keinginan, serta memberi hastag #festivaltelukambon2019. Pemenangnya akan diumumkan pada saat penutupan Festival Teluk Ambon 20 Agustus 2019 nanti,” pungkasnya. (lely)