Partai Gelora Soroti Program Pemeliharaan Jalan Nasional di Kota Ambon

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Indonesia Provinsi Maluku Talib Soumena, ST menyatakan keprihatinannya terhadap pelaksanaan pemeliharaan jalan nasional di Kota Ambon.

Menurut Soumena, pemerintah perlu mendudukkan skala prioritas secara tepat dalam program pembangunan sarana transportasi jalan.

“Kita perlu jeli melihat apakah ini aspek kedaruratan, atau aspek kebutuhan, ataukah justru aspek keinginan. Secara khusus kita menyoroti kegiatan pelaksanaan pemeliharaan jalan yang sekarang sedang berlangsung di jalan Laksdya Leo Wattimena. Perbaikan jalan di sana patut mengundang tanya. Sebab kondisi jalan tidak butuh hotmix total seperti yang sedang dilakukan,” ujarnya.

Soumena menguraikan lebih lanjut bahwa hal serupa sering terjadi di Kota Ambon pada beberapa ruas jalan di pusat kota.

“Kita ikut memperhatikan dari tahun ke tahun, beberapa ruas jalan di pusat kota itu selalu dihotmix. Padahal tidak ada kerusakan. Alhasil, karena trotoarnya sudah rendah dari badan jalan akhirnya harus dibongkar ulang untuk ditinggikan,” rincinya.

Baca Juga  Polres Buru Sangkal Keterlibatan Anggotanya di Tambang Emas Ilegal Gunung Botak

Dari sisi perencanaan, menurutnya alasan prosedural bisa saja membenarkan pelaksanaan pemeliharaan ruas jalan tersebut. Tapi secara substansial sulit untuk mendapatkan ketepatannya.

Soumena bilang, banyak jalan di Maluku yang butuh pemeliharaan. Bahkan ada sejumlah ruas yang sudah sampai pada tingkat darurat penanganan.

“Ini belum lagi kalau kita memikirkan sektor pembangunan yang lain yang harus direncanakan secara terintegrasi. Padahal anggaran pembangunan kita amat terbatas,” pungkas Soumena. (keket)