Pasar murah, Polda Maluku rangkul 9 distributor sembako

oleh -121 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon :Selang dua hari ini, Lapangan upacara Polda Maluku Letkol (Purn) C. H. Tahapary Tantui, dimeriahkan dengan gelaran Pasar Murah.

Pasar murah ini Polda Maluku dalam rangka menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Meskipun hanya 2 hari, namun 9 distributor berhasil digandeng Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Maluku dan Biro SDM Polda Maluku.

Kesembilannya yakni CV Makmur Abadi, Perum Bulog Drive Maluku dan Maluku Utara, PT PPI, Foodmart Amplaz, CV Firma Bandil, Hypemart MCM, Hypemart ACC, CV Gema Rejeki, CV Karya Indah.

Link Banner

Ketua Panitia Penyelenggara Pasar Murah Polda Maluku sekaligus Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirr.Reskrimsus) Polda Maluku, AKBP Firman Nainggolan, menegaskan even yang digelar ini bertujuan membantu kebijakan Pemerintah.

Diantaranya, untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan pokok, dalam menghadapi hari-hari besar keagamaan, Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga  Matiullah Jan, Jurnalis Kawakan Pakistan Hilang di Islamabad

Sementara landasan hukum pelaksanaannya yakni Surat Penetapan Kapolri nomor : SPMD/2416/XII/ 2017, tertanggal 8 Desember 2017.

”Sehingga menindak lanjuti surat penetapan Kapolri dalam video conference,tanggal (8/12/2017), tentang antisipasi kelangkaan harga bahan pokok jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara melalui surat perintah lisannya memerintakan untuk pelaksanaan pasar murah akbar oleh Polda Maluku. Dalam pengadaan pasar murah yang dilakukan oleh Polda Maluku, juga dilakukan pembagian 60 paket sembako kepada Warakawuri,fakir miskin dan para penyapu jalanan di Kota Ambon,” ujarnya.

Di sela-sela kegiatan dimaksud, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Deden Juhara, menegaskan bahwa pasar murah berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 18-19 Desember 2017.

Baca Juga  Jokowi resmi buka Kongres ke-30 HMI di Ambon

Kegiatan ini, akunya, merupakan sebuah upaya mencegah lonjakan harga sembako di kala perayaan hari keagamaan menjelang.

Selain itu, pihaknya juga mengupayakan agar harga sembako tetap terjangkau oleh masyarakat.

”Secara nasional harga tertinggi sembako di Maluku yaitu harga kacang kedelai, yang mana untuk Maluku, kacang kedelai dijual per kilonya seharga Rp 25 ribu. Untuk itu pihak Ditreskrimsus Polda Maluku harus melakukan pengecekan harga kedelai agar dapat disamakan harganya dengan harga kedelai didaerah-daerah lain,” tegasnya.

Selain pasar murah, jelasnya, pihaknya pun akan segera melakukan kegiatan operasi pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako yang kerap tak terkendali.

”Kegiatan Pasar murah yang dilakukan oleh Polda Maluku, merupakan kerja sama dengan Perum Badan Logistik Divreg Provinsi Maluku serta menggandeng beberapa Distributor di Kota Ambon untuk bersama-sama berpartispasi dalam pelaksanaan pasar murah Polda Maluku,” timpalnya.

Baca Juga  7 Film Keren yang Memiliki Kualitas Layaknya Novel, Wajib Ditonton!

Ditambahkannya, pasar murah ini harus dijadikan sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi antara Polri dan masyarakat, khususnya membina dan menjaga serta meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

”Kepada para pembeli baik personil Polda Maluku  dan masyarakat umum dapat membeli sembako, berupa beras, minyak goreng, gula, terigu, dan yang paling utama dari masyarakat adalah telor yang harganya kisaran 1.800. Saya selaku Kapolda Maluku menghimbau kepada seluruh personil Polda Maluku dan masyarakat umum agar dapat memanfaatkan pasar murah Polda Maluku untuk memenuhi kebutuhan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan baik dan teliti sebelum membeli,” pungkasnya. (Ella Wattilete)