Pasca Banjir, Pemda Kepulauan Sula Gerak Cepat Normalisasi Kali Baleha

oleh -77 views
Link Banner

Porostimur.com, Sanana – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulaun Sula, bergerak cepat menangani bencana banjir akibat meluapnya kali Baleha, di Kecamatan Sulabesi Timur yang terjadi Senin kemarin.

Pantauan jurnalis porostimur.com, Selasa (28/6/2022) di lokasi bencana, nampak alat berat tengah melakukan normalisasi sungai dan menimbun talud yang jebol pada sungai tersebut.

Pemerintah juga telah menyalurkan bantuan darurat kepada masyarakat kepada masyarakat berupa bahan pokok dan pakaian.

Sekda Kepulauan Sula Muhlis Soamole mengatakan, pihaknya telah diperintahkam oleh bupati untuk mengerahkan seluruh pimpinan OPD guna menangani kondisi terkini.

“Jadi paling tidak karena hari ini kondisi pasti semua lihat curah hujan semakin besar, debit air semakin meningkat dan daerah aliran sungai ini tidak terbatas,” kata Soamole.

Baca Juga  Tahun Ini 13 Anggota Polda Maluku Dipecat

“Jadi tidak satu arah. Maka memerlukan normalisasi minimal untuk mengalihkan daerah cabang aliran sungai untuk jadi satu. Itu langkah antisipasi,” sambungnya.

Muhlis bilang, pemerintah kabupaten melalui Dinas Sosial dan BPBD telah melakukan langkah penanganan dan mitigasi sejak kemarin.

“Jadi sejak kemarin sudah disalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti seperti bahan pokok dan tempat penampungan sementara,” ungkap Muhlis.

Semantara itu, Kepala Badan Penaggulangn Bencana Daerah (BPBD) Buhari Buamona, mengatakan bahwa para korban yang terdampak musibah banjir sudah dievakuasi ke penampungan sementara yang berlokasi di gedung Kantor Camat Sulabesi Timur.

Buhari bilang, jumlah rumah terdampak banjir yang terdata sebanyak 35 rumah.

Baca Juga  Diserang Rusia, Jumlah Tank Baja Ukraina Justru Bertambah Banyak, Ternyata Ini Penyebabnya

“Ada 28 KK. Selain itu satu rumah warga yang bernama Arman Leib mengalami retak. Jumlah keseluruhan yangg diungsikan ke Kantor Camat Sulabesi Timur sebanyak 129 jiwa,” ujar dia

Buhari menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap kemungkinan adanya bajir susulan.

“Jadi harapan pemerintah daerah ke pemerintah desa dan masyarakat, untuk tetap menjaga kondisi ini. Kemudian bila ada banjir susulan maka segera melaporkan kepemerintah daerah, dalam hal ini BPBD maupun Dinas PU,” tutup Buhari. (Jems)

No More Posts Available.

No more pages to load.