Pasien ke 100 Covid-19 di Maluku Utara Meninggal Dunia

oleh -354 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Pasien ke 100 terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara dinyatakan meninggal dunia.

Hal ini disampaikan Juru bicara Gustu Malut dr. Alwia Assagaf melalui keterangan tertulisnya, Ahad (24/5/2020).

“Pada hari ini kami telah menerima hasil pemeriksaan melalui TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 1 spesimen dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 1 orang dari Tidore Kepulauan,” kata Alwia.

Dimana pasien atas nama Asrul Sani Soleman asal Kota Tidore Kepulauan atau pasien ke 100 dinyatakan meninggal dunia.

Link Banner

Untuk diketahui, almarhum Asrul Sani Soleman adalah Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoirie Ternate, Sabtu dini hari (23/5/2020) kemarin.

Sebelumnya pada Jumat (22/5/2020), almarhum masuk Rumah Sakit Soasio Tikep dengan keluhana sesak nafas dan malam itu juga langsung dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate, sekira pukul 24.00 WIT.

Baca Juga  Wakapolda Maluku Buka Taklimat Awal Wasrik Itwasum Polri Tahap II

Seperti diberitakan sebelumnya oleh sejumlah media di Maluku Utara, Juru bicara Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf menjelaskan, almarhum berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dengan hasil diagonosis mengalami pneumonia di kedua paru.

“Beliau rujukan dari RS Soasio ke RSCB, PDP dengan pneumonia di kedua paru. Sebelum meninggal sudah dilakukan swab test, namun masih menunggu hasil pemeriksaan TCM,”kata Alwia Assagaf, Sabtu akhir pekan kemarin.

Alwia juga menjelaskan, almarhum saat rapid test dengan hasil non reaktif, dan telah dilakukan swab test untuk pemeriksaan melalui TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie.

Sebelumnya, semalam pada Sabtu (23/5/2020) sekitar pukul 24.10 WIT dilakukan evakuasi secara tertutup oleh satgas Covid-19 Provinsi Maluku Utara bertempat di pelabuhan residen.

Baca Juga  Warga Kairatu Serahkan Senjata Ilegal Secara Sukarela ke Satgas Yonif Raider Khusus 732/Banau

Saat dirujuk ke Ternate, Almarhum mengalami gejala sesak nafas dan demam tinggi dengan hasil rontgent suspect. Proses evakuasi dilaksanakan secara tertutup karena almarhum merupakan pejabat daerah.

Alwia juga menjelaskan bahwa kasus terkonfirmasi positif di Maluku Utara telah mencapai 100 kasus.

“Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 100 orang, selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 100,” kata Alwia Assagaf.

Dengan demikian lanjut Alwia Assagaf, jumlah kasus positif menjadi 100 kasus, dimana dari jumlah tersebut, sebanyak 12 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 5 orang dinyatakan meninggal dunia.

“Jumlah kasus meninggal pada hari ini bertambah 1 orang di Kota Tidore Kepulauan yaitu kasus 100, maka jumlah meninggal sampai hari ini menjadi 5 orang”, pungkasnya. (red/rtm/msc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *