Pasukan Ukraina Serang Balik Tentara Rusia di 5 Titik

oleh -72 views
Pasukan Ukraina dilaporkan semakin menunjukkan perlawanan sengit dan berupaya merebut kembali sejumlah titik yang diduduki Rusia. (Foto: REUTERS/CARLOS BARRIA)
Link Banner

Porostimur.com, Kyiv – Pasukan Ukraina dilaporkan mulai menyerang balik tentara Rusia dan merebut kembali sejumlah wilayah yang sempat diduduki Rusia di hari ke-27 invasi berlangsung, Selasa (23/3).

Sejumlah wilayah yang menjadi incaran tentara Ukraina itu di antaranya beberapa titik di sekeliling Ibu Kota Kyiv yang selama ini dikepung Rusia, Kota Makariv, Borodyanka, Mykolaiv, dan Kherson.

Pasukan Ukraina di utara dan barat Kyiv tampaknya membuat kemajuan dengan menyerang balik pasukan Rusia. Langkah ini membahayakan pasukan Moskow yang sejak hari pertama invasi berusaha mengepung dan menduduki ibu kota.

Pasukan Rusia juga dilaporkan dipukul mundur dari distrik Moschun di utara Kyiv. Area tersebut nyaris Rusia kuasai sejak pertama melancarkan operasi di Ukraina.

Sebuah video menunjukkan pasukan Ukraina berjalan di distrik Moschun, sekitar 35 kilometer dari utara Kyiv.

Video drone Ukraina selama sepekan menampilkan berbagai kendaraan militer Rusia hancur di lokasi yang sama.

Baca Juga  Maluku Juarai Cerdas Cermat Rohani Tingkat Remaja di Kegiatan KVKI

Makariv

Setelah melalui pertempuran sengit, Pasukan Ukraina mengaku berhasil mengambil alih Makariv pada Selasa (22/3/2022). 

Makariv merupakan sebuah kawasan perkotaan yang berjarak sekitar 48 kilometer di barat ibu kota Kyiv.

Klaim itu diungkapkan angkatan bersenjata Ukraina melalui unggahan Facebook baru-baru ini.

“Bendera negara Ukraina dikibarkan di atas kota Makariv,” tulis mereka, Selasa (22/3).

Makariv menjadi salah satu kota yang mengalami kerusakan signifikan selama serangan Rusia berlangsung. Hal ini terlihat dari sebuah video berisi kehancuran kota yang meluas.

Jika pasukan Ukraina bersatu memperkuat pertahanan di Makariv, mereka akan membuat pasukan Rusia kewalahan menuju Kyiv terutama dari wilayah selatan ibu kota.

Borodyanka

Kota Borodyanka, terletak di utara Makariv. Wilayah ini diduduki pasukan Rusia dan Chechnya sejak awal invasi.

Baca Juga  Daftar Perairan di Indonesia yang Diprediksi Bakal Terjadi Gelombang Tinggi Selama Sepekan

Jika Ukraina ingin merebut Borodyanka, dengan memutus unit depan Rusia, medan perang menjadi cair, dan Rusia bisa membalikkan kerugian yang mereka alami.

Namun, jika Ukraina menguasai Makariv dan memperluas kendali mereka atas daerah itu, posisi Rusia di antara Borodynka dan Kyiv akan rentan. Hal ini bisa menjadi penghalang mereka untuk mengepung Kyiv melalui jalan raya barat dan utara.

Pasukan Ukraina dilaporkan semakin menunjukkan perlawanan sengit dan berupaya merebut kembali sejumlah titik yang diduduki Rusia.

(Foto: AFP/SERGEI SUPINSKY)

Sungai Irpin

Gambar satelit menunjukan banjir yang meningkat dari Sungai Irpin. Sungai ini penting bagi kemajuan pergerakan pasukan Rusia menuju Kyiv.

Jika Rusia tidak bisa melewatinya, mereka tidak bisa merebut Kyiv dari arah barat.

Dikutip CNN, sebelumnya bendungan di sepanjang Sungai Dnieper membanjiri lembah Sungai Irpin dan anak-anak sungainya.

Sejauh ini belum diketahui penyebab bendungan itu meluap. Sejumlah puhak menganggap pasukan Ukraina yang membuka pintu air bendungan itu sebagai strategi menghadapi gempuran Rusia.

Baca Juga  BMKG Dukung Maluku Tingkatkan Mitigasi Hadapi Potensi Gempa Bumi dan Tsunami

Kherson dan Mykolaiv

Seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat, mengatakan Ukraina tengah berjuang merebut kembali Kherson, satu-satunya kota yang sejauh ini diduduki Rusia.

Mereka juga berusaha mendorong pasukan Rusia dari timur laut Mykolaiv ke selatan kota.

Pejabat itu memperingatkan, AS tidak bisa menyebut apakah langkah-langkah ini bagian dari “rencana operasional yang lebih besar” oleh Ukraina atau tidak.

Namun, ia mengatakan pertahanan Ukraina saat ini bergerak “cepat” dan “tangkas.”

Ukraina berada dalam gempuran Rusia sejak mereka memutuskan invasi negara itu pada 24 Februari lalu.

Sejak saat itu, ledakan terus terjadi di sejumlah kota di Ukraina. Pasukan Rusia berusaha menguasai kota-kota namun mendapat perlawanan sengit dari pasukan Kyiv.

(red/cnn-indonesia)