Paus Pius XII Disebut Mengetahui Rincian Upaya Nazi Memusnahkan Yahudi

oleh -116 views
Paus Pius XII. Pemimpin umat Katolik itu disebut mengetahui soal pembantaian umat Yahudi. | Bettman Archive

Porostimur.com, Roma – Holocaust alias pembantaian besar-besaran etnis Yahudi oleh Nazi Jerman pada akhir 1930-an dan awal 1940-an disebut sebagai salah satu kejahatan paling keji sepanjang sejarah. Sikap Gereja Katolik di Vatikan selalu dipertanyakan saat kejahatan tersebut dilakukan.

Holocaust merupakan sebutan atas penganiayaan dan pemusnahan etnis (genosida) terhadap orang Eropa keturunan Yahudi secara sistematis. Tindakan itu disponsori Nazi Jerman dipimpin Adolf Hitler, antara 1933-1945. Disebutkan, sekitar enam juta orang Yahudi meninggal dalam peristiwa itu. Rinciannya, satu juta anak-anak, dua juta wanita, dan tiga juta laki-laki.

Selain Yahudi, bangsa-bangsa lain juga menjadi korban pembunuhan Nazi Hitler. Diantaranya orang-orang Roman, Polandia, Rusia, dan bangsa- bangsa lainnya. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 11 juta hingga 17 juta jiwa. Mereka tewas dalam kamp-kamp Nazi menjelang dan selama Perang Dunia II.

Baca Juga  Kapolda Maluku Terima Kunjungan Wakil Ketua LPSK RI

Dokumen terbaru mengindikasikan, Paus Pius XII pada masa perang mengetahui rincian tentang upaya Nazi untuk memusnahkan orang-orang Yahudi sejak 1942. Fakta ini terungkap dari sebuah surat yang ditemukan di arsip Vatikan.

Informasi terbaru ini bertentangan dengan posisi resmi Takhta Roma pada saat itu. Ketika itu Gereja Katolik menyatakan bahwa informasi yang dimilikinya tidak jelas dan tidak dapat diverifikasi.