Pedagang Pasar Galala Demo DPRD Malut Soal Sampah

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Para pedagang di Pasar Galala Sofifi mengadakan unjuk rasa di Kantor DPRD Maluku Utara, Senin (10/8/2020).

Para pedagang melaksanakan konsolidasi dengan menhentikan seluruh aktivitas jual beli di dalam Pasar Galala untuk menuju ke Kantor DPRD Malut pada pukul 11.00 WIT dan pada pukul 12.39. WIT

Para pedagang ini mengultimatim para wakil rakyat Malut untuk segera mengangkut sampah di dalam Pasar Galala dalam waktu 2×24 jam kedepan.

Kordinator Aksi, Rizal Barakati dan Sekertaris Ahmad Ismail kepada para wartawan menyampaikan bahwa pihaknya mendesak Pemprov dan Deprov Malut serta Dinas Lingkungan Hidup agar mengangkat sampah yang menumpuk di dalam lokasi Pasar Galala Kecamatan Oba Utara, Perumahan Dinas PNS , Jalan Kilometer 40 tempat penampungan Sampah di Kelurahan Guraping, Jembatan Kali Oba, dan tempat penampungan sampah lain selama 2×24 jam tersebut.

Link Banner

Mereke juga mendesak Pemprov dan Deprov, serta dinas terkait untuk mencari TPA sementara guna menampung sampah yang ada di desa maupun kelurahan

Baca Juga  Pelabuhan Punya Carita

Para pedagang juga meminta Pemerintah Malut until mengaktifkan kembali TPS di setiap desa dan kelurahan serta secepatnya memperbaiki dan mengaspal jalan menuju TPA (Tempat Penampungan Ahir untuk menampung sampah yang ada di Desa Taba Damai, Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halbar.

Masa aksi juga mendesak Gubernur dan DPRD Malut untuk mengawasi dan mengontrol petugas kebersihan dinas BLH baik itu kota Tikep, dan Pemprov Malut.

Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba, Lc, didampingi ketua DPRD Malut Kuntu Daud dan beberapa anggota menemui masa aksi dengan melakukan mediasi dengan masa aksi dengan beberapa penyampaian dari Gubernur Malut.

Abdul Gani Kasuba meminta kepada Pemkot Tikep agar menertibkan limbah sampah, sebab hal tersebut adalah wewenang dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Baca Juga  Kapolda Maluku Kunjungi Tambang Emas Gunung Botak

Orang nomor satu di Malut itu juga berharap, Sofifi berdiri sendiri ssehingga sofifi dapat mengurus daerahnya sendiri, dan menambah mobil sampah.

Sementara itu Kabid Persampahan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Malut Zulkarnain Umasugi, ST menegaskan hari ini (senin 10/08/20) langsung meninjau lokasi TPS -TPS dan mengangkut limbah sampah yang berada di wilayah Ibukota Sofifi. Termasuk di dalam Pasar Galala Kecamatan Oba Utara. (bur)