Peduli Kondisi Sosial, SIK Ene Lo Ene Gelar Rapat

oleh -219 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Untuk menguatkan tali persaudaraan dan silaturahmi Keluarga Besar Makian Luar (Moy Site), Solidaritas Ikatan Keluarga (SIK) Ene Lo Ene menggelar rapat dengan menggunakan protokol kesehatan guna membahas kondisi sosial di tengah pandemi Covid-19, serta memupuk kebersamaan keluarga Makian Barat.

Bahrun Abas, Ketua Solidaritas Ikatan Keluarga Ene Lo Ene dalam pertemuan singkat itu mengatakan bahwa, Solidaritas Ikatan Keluarga (SIK) Ene Lo Ene yang diterjemahkan artinya (Torang Dengan Torang) atau dengan kata lain torang Makian Luar, bertujuan untuk menyambung silaturahami Ene Lo Ene fokusnya bagaimana menyatukan keluarga ene lo ene, serta melakukan kerja-kerja sosial.

“Kita tahu bersama bahwa pada saat ini secara global sedang dilanda pandemi Covid-19. Olehnya itu, kita akan melakukan kerja sosial seperti pembagian masker pada masyarakat dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” jelasnya.

Baca Juga  Luncurkan Web Series "Tetanggaku Indolaku" Cara Astra Motor Sulselbartra dan Ambon Bersama Konsumen

Kata Bahrun, pada prinsipnya Solidaritas Ikatan Keluarga Ene Lo Ene tidak berbaur dengan kepentingan politik, namun bagaimana memupuk kembali rasa kebersamaan keluarga Makian Barat.

Link Banner

Sementara itu Manaf Saleh, selaku sesepuh atau yang dituakan pada Ikatan Kelurga Ene Lo Ene mengungkapkan bahwa, pada prinsipnya Solidaritas Ikatan Keluarga Ene Lo Ene adalah nama lain dari Masatawa.

Secara historis Masatawa ini sudah ada, sudah eksis, dan hari ini kita coba memunculkan kembali dalam bentuk nama lain yaitu Ene Lo Ene.

“Filosofinya Ene Lo Ene dalam pengertian kita di dalam memupuk rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan supaya bisa bagaimana melakukan sesuatu hal yang dianggap prinsip demi untuk kepentingan masyarakat terutama keluarga Ene Lo Ene,” ungkapnya.

Menurut Manaf, sudah waktunya sekarang bahwa kita harus eksis dan tampil lebih moderen dalam satu organisasi yaitu paguyuban atau kerukunan keluarga yang menggambarkan bahwa, Makian Luar atau Makian Barat dalam Solidarits Ikatan Keluarga Ene Lo Ene harus mampuh menunjukan sesuatu yang lain atau berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Ambon ke-444, Pemkot Gelar Doa Bersama di Dua Tempat

Sehingga kedepan menjadi sesuatu yang bernuansa baru dan apa yang nantinya Ene Lo Ene bisa tunjukan demi masa depan regenerasi Ene Lo Ene.

“Saya sangat mengapresiasi pada hari ini, dengan memunculkan sebagai bagian masa lalu daripada Masatawa yang kemudian mempunyai kedudukan penting dan startegis dengan ikut serta membangun Halmahera Selatan secara utuh,” pungkas Manaf. (adhy)