Peduli lingkungan, Kodim Namlea giatkan reboisasi Gunung Botak

oleh -47 views
(.......)
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Bukan saja peduli akan sesama, namun Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea juga peduli akan kelestarian lingkungan hidup.

Peduli akan kelestarian lingkunghan hidup ini, merupakan implementasi dari program andalan Kodam XVI/Pattimura yakni Emas Hijau.

Meskipun sudah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya, namun baru pada Senin (27/11) pihak Kodim Namlea menyerahkan bantuan reboisasi sebanyak 1500 anakan pohon untuk ditanami di Area Peti, Gunung Botak  Namlea, Senin (27/11).

Bantuan dimaksud diserahkan secara simbolis oleh Perwira Seksi Teritorial yang juga merangka sebagai koordinator lapangan untuk kegiatan penanaman, Lettu (Inf) Thamrin beserta anggota Kodim lainnya.

Link Banner

Sementara bantuan berupa anakan pohon Jati, Damar dan Trembesi diterima langsung warga Desa Dafa dan Kampung Wamsait.

Baca Juga  FAM-SAH Kendarai Banteng di Pilkada Kepulauan Sula

Menurutnya, kegiatan reboisasi ini dimaksudkan demi terpeliharanya lingkungan hidup di sekitar Gunung Botak.

”Jumlah pohon yang telah kita salurkan sampai hari ini berjumlah 600 pohon, terdiri dari 200 batang pohon jati, 200 batang pohon dammar dan 200 batang pohon trembesi. Rencananya kita akan menyalurkan 1500 pohon tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, reboisasi yang digalang pihaknya ini turut melibatkan masyarakat dalam proses penanamannya.

”Kami berharap dengan ditanamnya pohon ini, lingkungan alam Gunung Botak dapat lebih baik lagi dari kondisi sebelumnya,” tegasnya.

Adanya reboisasi yang dimotori Koramil namlea ini, juga mengundang antusiasme warga untuk terlibatk didalamya.

Terlebih, kondisi Gunung Botak sudah sangat memprihatinkan sejak adanya aktifitas pertambangan.

Baca Juga  Lagu yang Sering Jadi Anthem Mahasiswa saat Demonstrasi, Lengkap dengan Liriknya!

Kesempatan yang sama, anggota Kodim namlea, Sersan Mayor (Serma) Waimese, menegaskan bahwa secara sukarela 50 orang warga sekitar pun turut ambil bagian membantu penanaman ratusan anakan pohon dimaksud.

”Ini kan juga demi kelangsungan hidup anak cucu mereka, makanya mereka sangat bersemangat ketika kita beri informasi akan diadakan reboisasi di tempat ini,” pungkasnya. (Amy)