Pelaku Pemerkosaan dan Pembunuhan Calon Mahasiswi di Halmahera Divonis Hukuman Mati

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pengadilan Negeri Soasiu, Maluku Utara (Malut), akhirnya menjatuhi hukuman mati kepada Muhammad Irwan Tutuarima alias Ronal, terdakwa kasus perkosaan yang berujung pada pembunuhan terhadap Gamaria W. Kumala alias Kiki.

Hal ini dibacakan oleh majelis hakim, yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Soasio, Ennierlia Arientowaty, dalam sidang putusan di PN Soasio, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Senin (9/12/2019).

Dalam persidangan, terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembunuhan berencana, sebagaimana didakwakan dalam dakwaan ke 1 primer penuntut umum. “Dan menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana hukuman mati,” ucap Ennierlia, dalam membacakan putusan tersebut.

Putusan tersebut disaksikan oleh Jaksa Penuntut Umum dan kuasa hukum terdakwa. Dalam kesempatan itu, hakim menyerahkan kepada Ronald dan kuasa hukumnya, untuk melakukan upaya banding hingga sepekan ke depan. “Jika tidak ada langkah banding maka putusan tersebut berkekuatan hukum tetap,” ucapnya.

Nurdewa Syafar, Ketua Harian Pusat Pelayanan Terpadu pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Malut, yang turut mengawal proses pengadilan tersebut mengatakan, putusan itu sudah tepat. “Kasus perempuan sudah banyak yang mendapat keadilan, tapi ini kan kasus yang sangat berbeda, karena selain diperkosa dan kekerasan, juga dia (korban) dibunuh. Ini (tindakan pelaku) sangat tidak beradab,” kata Nurdewa. (red/rtl)

Baca Juga  BNPB: Berita Ambon dan Seram akan Hilang Akibat Patahan Hoaks