Pemain Bernomor 10 Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola

oleh -206 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam sepak bola, pemain yang mengenakan nomor 10 bukan orang yang sembarangan. Yap, pemakai nomor punggung 10 bisa dibilang sebagai pemain spesial.

Bila mendengar dan melihat pemain bernomor 10, tentunya pikiran akan langsung membayangkan soal kehebatan. Bukan tanpa sebab, pemain bernomor punggung tersebut sering dianggap sebagai motor serangan timnya.

Awalnya, pemain bernomor 10 identik dengan striker bayangan. Namun, seiring berjalannya waktu, pemain yang mengenakan nomor tersebut juga biasanya didapuk jadi playmaker untuk mengatur ritme permaian.

Hal tersebut menunjukkan, jika seseorang yang mengenakan nomor keramat tersebut bukan pemain sembarang. Dari sekian banyak, ada lima nama yang dianggap sebagai pemakai nomor 10 terbaik.

Siapa saja pemilik nomor punggung 10 terbaik tersebut? Berikut kami rangkum empat pemain nomor 10 terbaik dalam sejarah sepak bola.

Baca Juga  Sosialisasi bahaya B3, Polda terima 6,6 kg mercuri

1. Ronaldinho

Ronaldinho mengelabui Michel Salgado dalam laga El Clasico di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, (19/11/2005). Ronaldinho mencetak dua dari tiga gol kemenangan Barcelona. (AFP Photo/Javier Soriano)
Ronaldinho mengelabui Michel Salgado dalam laga El Clasico di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, (19/11/2005). Ronaldinho mencetak dua dari tiga gol kemenangan Barcelona. (AFP Photo/Javier Soriano)

Ronaldinho dianggap sebagai bintang sepak bola pertama yang dikenal melalui Youtube. Beragam trik bermain bola ia tunjukkan hingga mencuri perhatian para penggemar si kulit bundar.

Semasa masih aktif bermain, Ronaldinho merupakan satu di antara pemain bintang dunia. Pemain yang juga identik dengan nomor 10 di Barcelona itu kerap mencetak gol serta assist dengan gerakan liciknya.

Bahkan, aksi Ronaldinho tersebut pernah mendapat tepuk tangan dari pendukung Real Madrid.

2. Alfredo Di Stefano

Legenda Sepak Bola Asal Spanyol Alfredo Di Stefano pernah meraih Ballon d'Or sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1957 dan 1959. (AFP Photo/STAFF)
Legenda Sepak Bola Asal Spanyol Alfredo Di Stefano pernah meraih Ballon d’Or sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1957 dan 1959. (AFP Photo/STAFF)

Alfredo Di Stefano merupakan pesepak bola yang luar biasa pada zamannya. Saat memperkuat Real Madrid, Di Stefano mampu mencetak 308 gol dari 396 penampilan di semua ajang.

Hingga kini, Di Stefano masih dianggap sebagai satu di antara penyerang terbaik sepanjang masa. Bahkan, dua legenda besar, Pele dan Eusebio, menganggap Alfredo Di Stefano sebagai pemain lengkap yang pernah ada.

Baca Juga  Ambon Terpilih Sebagai Kota Musik Dunia, Menteri Wishnutama: Harus Ada Even Musik Skala Besar Disana

Selain mencetak gol, Di Stefano juga kerap memberikan assist. Kepiawaiannya tersebut membuat Real Madrid menjadikannya sebagai pemain terbaik dalam sejarah klub.

Penghargaan yang tentunya sangat luar biasa, mengingat El Real pernah memiliki pemain hebat seperti Cristiano Ronaldo dan Raul Gonzalez.

3. Diego Maradona

Momen terjadinya gol tangan Tuhan (Hand of God) ala Diego Maradona di laga perempat final PD 1986 antara Argentina vs Inggris di Estadio Azteca, Mexico City, 22 Juni 1986.
Momen terjadinya gol tangan Tuhan (Hand of God) ala Diego Maradona di laga perempat final PD 1986 antara Argentina vs Inggris di Estadio Azteca, Mexico City, 22 Juni 1986.

Diego Maradona dianggap sebagai satu di antara pemain terbaik di dunia sepanjang masa. Maradona seolah seperti anugerah terindah yang diciptakan untuk sepak bola.

Maradona kerap menjadi mimpi buruk bagi pertahanan lawan karena memiliki kecepatan serta skill mumpuni dalam melewati lawan.

Selain itu, ia juga banyak mencetak gol ajaib. Termasuk gol ‘tangan tuhan’ ketika melawan Inggris pada Piala Dunia 1986.

Baca Juga  Tim SAR Berhasil Evakuasi KM Yante yang Terombang-ambing di Perairan Tayando Maluku Tenggara

Saat masih aktif bermain, Maradona mengenakan jersey bernomor 10. Bahkan, Napoli sampai mempensiunkan nomor 10 untuk menghormati jasa Maradona.

4. Johan Cruyff

Johan Cruyff saat masih bermain untuk Barcelona. (dok. ad.nl)
Johan Cruyff saat masih bermain untuk Barcelona. (dok. ad.nl)

Johan Cruyff dianggap sebagai pesepak bola yang jenius. Mungkin bisa dikatakan sulit menemukan pemain yang memiliki karakter seperti Cruyff.

Bahkan, Cruyff mampu meninggalkan filosofi bermainnya dalam klub yang pernah diperkuatnya, yakni Ajax Amsterdam dan Barcelona.

Legenda asal Belanda itu dikenal memiliki teknik, kecepatan, visi serta kemampuan melewati siapa pun dalam situasi satu lawan satu.

Tentunya sebuah kebanggan bagi seseorang yang pernah menonton aksinya, baik di televisi maupun secara langsung di lapangan. (red/rtm/bola)