Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS dan PNS

oleh -32 views
Link Banner

Porostimur com |Dobo: Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS dan PNS Konten Pemberdayaan Ekonomi Umat yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru di gedung Penginapan Suasana Baru pada Jumat, (28/2/2020) lalu.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari 24 penyuluh Non PNS, 1 penyuluh PNS yang berasal dari 7 wilayah kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Aru. Sumber dana kegiatan ini berasal dari  DIPA Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru. Sedangkan narasumber adalah pejabat yang berasal dari lingkup Kankemenag Kabupaten Kepulauan Aru dan lingkup Pemkab Kepulauan Aru.

Baca Juga  Cerita di Balik Viral Bayi 10 Hari yang Hidup di Kolong Jembatan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. H. Ismail Rumfot dalam sambutannya mengatakan melalui pembinaan ini penyuluh mendapatkan bekal dalam memberdayakan ekonomi umat serta memiliki acuan dalam melaksanakan tugas penyuluhan di bidang keislaman dan pembangunan mulai dari merencanakan, melaksanakan, melaporkan dan mengevaluasi sehingga pelaksanaan tugas akan semakin efisien dan efektif.

H. Rumfot melanjutkan penyuluh harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan tulus dan ikhlas karena itu tugas penyuluh tidaklah ringan, penyuluh harus menjadi tauladan menjadi contoh yang baik dalam masyarakat dimana sebelum ia memberikan pembinaan kepada orang lain terlebih dahulu harus membina dirinya, keluarganya, disamping itu penyuluh juga harus mempunyai ilmu yang cukup untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang mempunyai kondisi yang terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman, dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan, membuka diri serta mempunyai strategi khusus dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar mudah dipahami.

Link Banner

Dengan bekal dan ilmu pengetahuan yang cukup penyuluh mempunyai peran yang strategis yaitu dapat memberdayakan ekonomi umat lewat penyuluhan, pembinaan atau dakwah yang disampaikan di desa tempat tugasnya masing-masing. Penyuluh harus berbaur dengan masyarakat bersama-sama membangun desa dalam bidang agama maupun bidang sosial lainnya yang bertujuan untuk menjalin persatuan dan kesatuan intern dan antar umat beragama yang ada di desa supaya tercipta keharmonisasian, saling bergandeng tangan, bekerjasama, sebagai orang moderat berada ditengah-tengah sebagai penengah dan selalu memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga  Babinsa Lanud Pattimura Turun Langsung Ke Desa Bantu Masyarakat Paling Terdampak Covid-19

Kakankemenag berpesan “Jadilah obor penerang dalam masyarakat dengan tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain, saling bersinergi membangun negeri ini bersama-sama supaya menjadi negeri yang aman, damai dan makmur” tuturnya.

Hadir pada acara pembukaan para kepala seksi/penyelenggara lingkup Kankemenag Kabupaten Kepulauan Aru, pengawas pendidikan, kepala-kepala KUA dan undangan lainnya. (keket/ria/inmas)