Pemda Halbar Membayar Hak Pemdes dan Salurkan BLT-DD Warga Enam Desa

oleh -100 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) akan segera membayar hak Pemdes di enam desa dan menyaluran BLT -DD untuk warga enam desa yang ada di kecamatn Jailolo Timur.

Kesepakatan ini dicapai melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dimediasi oleh Komisi I DPRD Halbar di ruang sidang DPRD, dihadiri oleh Pemda Halbar yakni Sekda Halbar, Kaban Keuangan, Kadis DPMPD, Kabag Hukum, Pihak Ispektorat dan Camat Jaltim serta enam kepala Desa, Senin (8/6/2020)

Ketua Komisi I Djufri Muhammad, saat ditemui usai rapat mengatakan bahwa satu pekan lalu Pemdes bersama BPD dan perangkatnya di enam desa mendatangi DPRD untuk konsultasi terkait hak mereka.

Baca Juga  Danlantamal IX Pimpin Serah Terima Jabatan Danpomal

“Enam desa mulai dari Dum Dum sampai Pasir Putih telah mengadukan ke Komisi I. Kami sayangkan bahwa sampai saat ini sudah enam bulan hak mereka belum terbayar,” kata Djufri.

Atas keluhan tersebut kata Djufri, Komisi I DPRD Halbar melayangkan surat ke Pemda untuk melakukan RDP bersama DPRD Halbar dalam hal ini Komisi I, bersama Camat Jaltim, dan kepala- kepala desa di enam desa untuk mencari solusi atas tuntutan tersebut.

“Dengan solusi, dibarengi dengan regulasi akhirnya kita bersepakat dan menyimpulkan bahwa pekan kedua dalam bulan Juni ini Siltap, tunjangan dan operasioanl akan segera dibayar oleh Pemda Halbar,” jelasnya.

Djufri bilang, sebagai bentuk dukungan, Komisi I DPRD Halbar akan mengeluarkan rekomendasi tertulis ke Pemkab agar dapat mengambil langkah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Djufri selaku Ketua Komis I DPRD Halbar memberikan apresiasi kepada pihak pemkab Halbar dalam hal ini tim Covid-19 yang dimana juga akan menyalurkan bantuan BLT-DD untuk warga enam desa di Kecamatan Jailolo Timur (Jaltim).

Baca Juga  Siaga, Damkar himbau masyarakat batasi pemekaian listrik berlebihan

“Walupun enam desa tidak ada DD, Kita telah meminta melalui Pemda dan Alhamdulillah direspon dengan baik atau disetujui untuk dilakukan penyaluran BLT-DD ke enam desa,” ujarnya.

Djufri meminta kepada pihak enam desa yang dalam hal ini kepala desa serta camat kami minta agar segera menuntaskan penyampaian data ke Pemerinta Daerah Halbar melalui Sekda Halbar.

“Kami meminta terkait hal admisnitrasi dari desa yang belum disampikan ke pemda, agar segera selesaikan, guna memperlancar kekancaran pencairan,” pungkas Djufri. (ash)