Pemda Halbar Segera Salurkan BST ke Warga Jaltim

oleh -50 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) akan segera menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Pemda kepada 1.084 Kepala Keluarga(KK) yang ada di Kecamatan Jailolo Timur (Jaltim) dalam bulan Juli 2020 ini.

Penyaluran BST yang bersumber dari APBD ini atas kebijakan Bupati Halbar Danny Missy kepada warga 6 Desa yang ada di Kecamatan Jaltim, dengan tujuan untuk pemerataan yang dirasakan seluruh warga Halbar.

“Kebijakan Bupati untuk BST yang sumber anggaran dari pemda Halbar untuk warga 6 desa, mengingat karena dari kebijakan nasional terkait covid 19 ini, bantuan BST dari kemensos maupun dana DD di wilayah 6 desa tidak mendapat bantuan tersebut.” ujar Samsuri Majid, Rabu,(08/7/2020).

Baca Juga  Tim Satgus Covid-19 Halbar Akan Diistribusikan APD dari Jakarta ke Kecamtan

“Sehingga dalam rangka keadilan, pemerataaan dan demi kesejahteraan masyakat. Kebijakan Bupati lakukan pemberiaan BST, supaya masyarakat 6 Desa juga merasakan seperti warga yang menerima BST Kemensos dan BLT-DD,” imbuhnya.

Link Banner

Samsuri bilang, pembagian BST ini, sesuai Instruksi Bupati Halbar, dimana penyalurannya akan mulai dalam bulan Juli 2020 ini, selama 3 bulan dengan nilai Rp1.800.000 untuk setiap KK penerima.

“Jadi pembayaran bulan April, Mei dan Juni, untuk nilai besaran per bulan Rp. 600 ribu sama seperti BLT-DD dan BST dari kemensos. Untuk lanjutan bayaran 3 Bulan lanjutan itu sebesar Rp 300.000 lanjutan bulan Juli, Agustus dan September,” ujarnya.

Samsuri menambahkan, tahapan verifikasi dan soisalisasi, sudah dilakukan open Dinsos bersama tim pada Minggu, 5 Juli lalu,.

“Dalam hal sosialisasi kriteria penerima BST dan dihadiri langsung oleh Camat Jaltim, Pemdes, BPD, Toga, Toma bersama warga dari 6 desa sekaligus penetapan nama-nama warga penerima BST”, katanya.

Baca Juga  Hari Pertama Test Urine, 10 Cakada di Malut Dinyatakan Negatif Narkoba

Dia menjelaskan,untuk masing-masing jumlah KK dari 6 Desa yang layak menerima BST dari Pemda Halbar yakni dari Desa Pasir putih 50 KK, Bobane Igo 438 KK, Tetewang 188 KK, Akelamo 203 KK, Ake sahu 115 KK dan Desa Dum dum 90 KK.

“Sesuai data verifikasi dari Dinsos, dari enam desa di Jaltim iru sebanyak 1.084 KK yang berhak menrima BST Pemda, maka dengan total anggaran sebsar Rp. 2.926.800.000,” pungkasnya. (ash)