Pemda Halut Batasi Kehadiran Pendatang

oleh -113 views
Link Banner

Porostimur.com | Tobelo: Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara memberkakukan pembatasan bagi warga pendatang yang masuk ke daerah ini.

Kebijakan tersebut diambil pemerintah setempat menyusul 3 warga di daerah itu terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona.

Keputusan tersebut tertuang di dalam surat bernomor 21/SATGAS COVID-19/HALUT bersifat penting  dan tujukan kepada Walikota dan Bupati se-Maluku Utara  kususnya Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Tengah dan Kota Tidore Kepulauan. 

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Halmahera Utara Deky Tawaris, mengatakan (25-04-2020) Pemda Halut melalui Satgas Covid-19 telah mengeluarkan surat permohonan pembatasan  warga pendatang yang masuk ke daerah ini.

“Ya kita semua tau bahwa Halmahera Utara sudah tiga yang terkonfirmasi positif covid-19 untuk itu kami mengharapkan agar ada kerja sama setiap Pemimpin Daerah kususnya di Maluku Utara agar bisa menghimbau warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Tobelo,” ungkapnya Sabtu (25/4/2020).

Baca Juga  Sehari Menjabat, Pangdam Pattimura Langsung Sambangi Lantamal IX Ambon

Untuk itu dia berharap agar Bupati serta Walikota di lima Daerah itu diminta untuk dapat menghimbau warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Halmahera Utara. 

Menurutnya, kebijakan ini untuk menimalisir angka penyebaran covid-19 yang cenderung meningkat.

Kata dia, ke-3 warga  di Daerah itu yang terkonfirmasi positif virus corona  masing- masing 1 warga Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo dan 1 warga Desa Gamhoku Kecamatan Tobelo Selatan serta 1 warga Kecamatan Malifut. (red/rtm/si)