Pemerintah akan Bangun Risha dan Riko untuk Penyintas Gempa Maluku

oleh -48 views
Link Banner

Pemerintah Provinsi Maluku berencama membangun rumah untuk warga terdampak gempa di tiga wilayah, antara lain Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Barat

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Farida Salempessy mengatakan, ada dua jenis Rumah Tahan Gempa (RTG) yang rencananya akan dibangun pada bekas rumah masyarakat yang terdampak gempa.

Menurut Farida, RTG yang akan dibangun merupakan jenis Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan Rumah Instan Konvensional (RIKO). Masyarakat dapat memilih teknologi RTG yang sesuai dengan kondisi mereka saat ini.

“Tergantung dengan keinginan masyarakat jenis mana yang mereka inginkan,” kata Farida Salempessy di Ambon (11/11).

Farida Salampessy menuturkan, dua jenis RTG ini sudah mendapatkan persetujuan dari Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Maluku.

Baca Juga  Polres Kepulauan Sula Lakukan Penyemprotan Serentak Cairan Disinfektan

Artinya kualitas RTG yang direkomendasikan kepada masyarakat sudah dijamin mampu menahan gempa, bila terjadi sewaktu-waktu ke depannya.

“Sudah ada yang dibangun oleh pemerintah pusat jenis rumah RISHA yang tahan gempa. Sedangkan, RIKO bila menyesuaikan dengan aturan pemerintah dijamin dapat menahan terjangan gempa,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang didapatkan dari BPBD mencatat, dampak dari gempa yang melanda tiga wilayah diatas telah membuat sebanyak 103.301 orang mengungsi, karena gempa sejak 23 September lalu.

Lebih detail, dari Kota Ambon warga yang mengungsi sebanyak 1024 orang, Kabupaten Maluku Tengah sebanyak 90833, dan Kabupaten Seram Barat sebanyak 6224.

Sedangkan infrastruktur rumah yang terdampak pasca gempa total 12253 rumah. Dengan rincian sebagai berikut rumah rusak berat sebanyak 2712, rumah rusak sedang sebanyak 3317, dan rumah rusak ringan sebanyak 6108. Total kerugian akibat dari gempa yang melanda tiga wilayah di prediksi mencapai Rp290 miliar. (ebot)