Pemerintah Resmi Melarang Perjalanan Mudik Lebaran 2021

oleh -462 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah resmi melarang masyarakat untuk melakukan mudik lebaran atau Idul Fitri tahun 2021.

Larangan ini berdasarkan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah dan Undang-Undang (UU) nomor 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Serfis Hukum dan Sertifikasi Kapal, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Provinsi Maluku, Ferra J. Alfaris saat ditemui wartawan porostimur.com di ruang kerjanya, Selasa (20/4/2021).

Fera mengatakan selain Surat Edaran tersebut, ada juga peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri dan penetapan kebijakan mudik oleh Pemerintah.

“Dari tanggal 6-17 Mei 2021 tidak ada mudik, tetapi ada pengecualian. Pengecualian itu, transportasi untuk refatriasi pekerja migran dan kapal perintis khususnya daerah-daerah terpencil, tertingal, terluar (3T). Tapi kalau sudah diluar dari Provinsi itu tidak bisa”, ucapnya.

Baca Juga  Sah, Lloyd Austin Pria Kulit Hitam Pertama yang Jadi Menhan AS

Disinggung terkait tugas dan pengawasan Syahbandar di kawasan perairan di tengah cuaca yang tak menentu saat ini, Ferra menjelaskan, untuk mengantisipasi cuaca yang ektrim sekarang, pihaknya sudah sebarkan kepada nahkoda-nahkoda kapal untuk tetap mengantisipasi iklim yang terjadi saat ini, sesuai perintah dari Dirjen Perhubungan. (nicolas)