Pemerintah Sudah Salurkan Bansos PKH Oktober-Desember

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Bantuan sosial ( bansos) program keluarga harapan ( PKH) untuk bulan Oktober-Desember 2020 telah disalurkan.

Kasubdit Validasi dan Terminasi Kemensos Slamet Santoso mengatakan penyaluran bansos PHK tersebut disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Namun berbeda dengan sebelumnya, penyaluran bansos periode kali ini dilakukan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu periode Oktober, November, dan Desember.

“Tidak ada perubahan untuk PKH. Hanya di tahap terakhir dibayarkan kembali sekaligus untuk tiga bulan di Oktober,” terang Juru Bicara Kemensos Adhy Karyono seperti dilansir dari Kompas.com, Ahad (25/10/2020).

Besaran bantuan

Dengan percepatan penyaluran bantuan untuk periode tiga bulan tersebut, besaran bantuan pun disesuaikan

“Rata-rata untuk tahap keempat ini, bansos paling kecil untuk 1 anak SD senilai Rp 225.000,” jelas Slamet.

Baca Juga  Polda Maluku Sembelih Hewan Kurban

Menurut dia, maksimal besaran bansos yang diterima untuk empat kategori, yaitu terdiri atas komponen kesehatan, termasuk tambahan kategori baru penderita TBC, pendidikan, dan kesejahteraan sosial adalah senilai Rp 2.225.000.

Seperti diketahui, besaran bantuan sosial bagi peserta PKH selama ini tidak sama antara KPM satu dengan lainnya.

Besaran tersebut bergantung pada komponen-komponen PKH, mulai dari komponen untuk anak sekolah yang berjenjang (SD, SMP, SMA) hingga ibu hamil.

Proses penyaluran hampir selesai

Adhy menjelaskan bahwa proses penyaluran PKH tersebut telah selesai meski tersisa beberapa kabupaten karena adanya kendala.

“Sudah selesai. Kalaupun uang yang tersisa hanya beberapa kabupaten yang di wilayah sulit, masih proses pembayaran dengan offline,” kata Adhy.

Baca Juga  Pakar HAM Unair: Pemerintah Jadikan Pandemi Covid-19 `Aji Mumpung`

Saat ditanya terkait batas pengambilan bansos, Adhy menjelaskan bahwa batas pemasukan bantuan ke dalam rekening adalah hingga Desember mendatang atau sampai batas anggaran 2020 berakhir.

“Akan tetapi, untuk pengambilan uang oleh peserta bisa melebihi Desember,” tutur Adhy.

Adapun bantuan sosial beras untuk para peserta PKH selama tiga bulan, di mana tiap bulan dialokasikan 15 kilo gram juga sudah hampir sepenuhnya terealisasi.

“Demikian juga bantuan sosial beras untuk peserta PKH selama 3 bulan sudah hampir 100 persen, tinggal wilayah sulit yang masih proses pengiriman,” tambahnya. (red/kcm)