Pemerkosa Bocah Berusia 5 Tahun di Ambon Dituntut 10 Tahun Penjara

oleh -153 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Pelaku pemerkosan terhadap anak berusia lima tahun di Maluku Tengah bernama Daniel Joseph Selasa (6/12/2022) hari ini menjalani sidang di Pengadilan Negeri Ambon.

Terdakwa mendapat tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah, Fitria Tuahuns dengan tuntutan hukuman penjara selama 10 tahun.

“Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 82 ayat (1) UU RI Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak,” kata JPU saat persidangan di PN Ambon, Selasa (6/12/2022).

Tuntutan JPU tersebut, disampaikan dalam persidangan tertutup yang dipimpin oleh ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Wilson Shriver dan didampingi dua hakim anggota.

Selain mendapat tuntutan berupa hukuman penjara 10 tahun, terdakwa juga dituntut membayar denda Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan dan membayar biaya perkara sebesar Rp2.000. Di sisi lain, sejumlah barang bukti milik korban dan terdakwa dirampas untuk dimusnahkan.

Adapun hal yang memberatkan terdakwa dituntut penjara dan denda karena perbuatannya menimbulkan trauma terhadap korban dan keluarganya, sedangkan yang meringankan adalah terdakwa bersikap sopan dan belum pernah dihukum.

Menurut JPU, tindak pidana yang dilakukan terdakwa terjadi pada Jumat, (26/8) 2022 sekitar pukul 18:00 WIT di Dusun Momoking, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah.

“Saat itu korban bersama dua rekannya hendak pergi membeli gorengan dan berpapasan dengan terdakwa yang memanggil mereka masuk ke dalam rumah milik saksi Al Akbar Khouw dengan cara menarik tangan mereka dan melakukan aksi bejatnya,” jelas JPU.

Korban tidak berani berteriak karena merasa takut terhadap terdakwa, namun ada satu rekan korban yang tidak ikut masuk ke dalam rumah sementara mengintip aksi tersebut.

(red/pilar.id)

No More Posts Available.

No more pages to load.