Pemkab Halbar Siapkan Rp17 Milyar untuk Gaji 13 PNS

oleh -56 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp 17 miliar untuk membayar gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Muhammad Marasabessy dilansir dari cermat, Sabtu (8/8/2020).

“Meskipun anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 ASN sudah disiapkan namun BPKD sendiri belum bisa memastikan kapan pembayaran gaji ke-13 tahun ini. Sebab hingga saat ini kami belum menerima petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang pelaksanaan pembayaran gaji 13 ASN,” kata Muhammad.

Dia menuturkan, meski belum ada juknis dari Kemenkeu, dia memastikan anggaran untuk pembayaran gaji 13 tersedia. Pembayaran gaji ke-13 ASN sendiri berdasarkan besaran gaji pokok.

Baca Juga  Mayat Bayi Dalam Karung Dibuang di Penampungan Sampah

“Namun kepastian pembayaran kapan, kita masih belum tahu karena masih menunggu juknis,” tandasnya.

Link Banner

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menandatangani aturan mengenai gaji ke-13 bagi para PNS, Polri, TNI, termasuk pensiunannya. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ke-13 Tahun 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai Non-PNS, dan Pensiun.

Dilansir dari Kumparan, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pencairan gaji ke-13 akan dilakukan pada lusa atau Senin (10/8).

“Insya Allah Senin cair,” kata Dwi, Sabtu (8/8).

Menurut dia, pencairannya akan dilakukan antara satuan kerja (satker) di kementerian dan lembaga dengan bendahara negara.

Baca Juga  Kasus PDAM Ambon, Kejati masih jadwalkan pemanggilan saksi

Sementara itu, Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Andin Hadiyanto pun memastikan pada Senin pekan depan para PNS hingga pensiunan sudah bisa mendapatkan gaji ke-13. Gaji tersebut juga akan langsung masuk ke masing-masing rekening penerima. (red/rtm/kump/tsc)