Pemkab SBB akan Dirikan Sentra Industri Kecil Menengah di Desa Luhu

oleh -76 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kabupaten Seram Bagian Barat, Dinas Perdagangan, Industri dan Tenaga Kerja, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), akan mendirikan sentra industri kecil menengah, di Desa Luhu, Kecamatan Huamual dengan angaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 19,3 miliar.
Piru.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab.SBB, Drs. Soleman Kibas mengatakan, langkah ini juga diambil dalam rangka menyambut pencanangan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional.

Kibas menuturkan, pihaknya sudah berkerjasama dengan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, karena Sinjai terkenal sebagai salah satu kabupaten yang sudah maju di bidang industri kecil dan menengah khususnya hasil perikanannya di tanah air, sehingga ada kaloborasi, kerjasama di bidang sumber daya manusia (SDM) dengan Kabupaten SBB.

Baca Juga  Benteng Victoria di Ambon Bakal Jadi Destinasi Wisata Terintegrasi

“Kita harus mempersiapkan ini dari awal karena faktor SDM sangat penting. Kita upayakan hasil komoditi daerah seperti tuna dan ikan asap, dari Seram Bagian Barat dapat diekspor ke luar negrri sehingga bernilai jual tinggi,” katanya, Senin (13/9/2021).

Kibas menambahkan, pihaknya berkerjasama dengan beberapa instansi di lingkup Kabupaten SBB di antaranya, dinas PUPR untuk pembuatan akses jalan, pemdes sebagai penyelengara untuk pelatihan SDM, Dinas Perhubungan membangun pelabuhan dan Dinas Parawisata untuk sama-sama menyambut baik pembangunan pabrik industri perikanan di Kabupaten SBB.

Kibas mengharapkan semua pihak dapat bersinergi agar semua dapat terlaksana dengan baik. (kahar)