Pemkot Ambon dan BNN Maluku Bentuk “Desa Bersinar”

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Guna mencegah penyalahgunaan Narkotika terhadap masyarakat desa, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, resmi kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku melalui program Ketahanan Masyarakat Berbasis Desa Bersih Dari Narkotika (Bersinar).

Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Pencegahan dan penanggulangan Narkoba yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku bekerjasama dengan Kesbangpol Kota Ambon, di Ballroom Imperial-In Hotel, Senin (30/11/2020).

Kerjasama Pemkot-BNN itu, kata Richard, akan ada satu program bertujuan membuat kelompok-kelompok masyarakat di desa-desa, sebagai pionir dalam memerangi bahaya Narkotika.

“Jadi desa-desa yang dibentuk ini nanti dinamakan desa Bersinar,” ungkap Walikota Ambon.

Link Banner

Walikota mengatakan, lewat program Desa Bersinar, diharapkan masyarakat dapat memahami bahaya Narkoba yang nantinya akan disosialisasikan oleh BNN Maluku.

Baca Juga  Polemik Aturan Konser Musik Saat Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

“Ini merupakan upaya Pemkot menyelamatkan generasi bangsa, sekaligus membebaskan seluruh warga dari pengaruh penggunaan barang haram itu,” terangnya.

“Ambon punya daerah yang unik, desa-desa di Ambon jaraknya tidak jauh dari pusat kota, untuk itu Informasi berperan sangat penting untuk membantu menjelaskan betapa berbahayanya Narkotika yang dewasa ini sudah masuk sampai ke desa-desa,” ucap Walikota.

Pada kesempatan tersebut, Richard juga bilang bahwa mengaku, kendala utama pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kota Ambon adalah kurangnya informasi kepada kalangan yang rentan terjerat bahaya narkoba, khususnya di kalangan anak muda Kota Ambon.

“Banyak dari anak-anak kita yang terjerat, dikarenakan minim sekali informasi yang didapatkan tentang bahaya narkoba. hal ini membuat mereka lebih mudah terjerat narkoba,” tambah Walikota.

Baca Juga  Oksana Neveselaya, Selebgram Asal Belarusia yang Jago MMA

Dalam kegiatan ini juga, Pemerintah Kota Ambon lewat Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Persandian (KominfoSandi) Kota Ambon, Joy Adriaansz memberikan gambaran tentang perkembangan informasi yang mendukung pencegahan narkoba lewat penyediaan internet di desa-desa yang belum dilalui jaringan fiber optic di kota Ambon.

“Selain membantu memberikan informasi terkait pencegahan narkoba di desa-desa melalui jalur internet yang tersedia, upaya yang kami buat juga untuk menyamaratakan Kota Ambon dalam menikmati akses internet. terbaru 4 desa di kecamatan leitimur selatan sudah terhubung jaringan fiber optic nya. kami akan terus mengupayakan agar kota Ambon tidak ada lagi desa yang tidak menikmati internet,” demikian Kadis. (alen)