Pemkot Ambon Laksanakan Audit Stunting di Kecamatan Baguala

oleh -42 views

Porostimur.com, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Tim Audit Stunting yang terdiri dari beberapa OPD, kembali melaksanakan kegiatan Audit Kasus Stunting Tahun 2023. Kali ini yang menjadi lokasi fokus (lokus) adalah Kecamatan Baguala.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPKKB) Kota Ambon selaku ketua Tim Audit Stunting Kota Ambon, J.W Patty, Jumat (26/5/23) di sela – sela kegiatan di Kantor Kecamatan Baguala, menjelaskan, audit kasus stunting dilaksanakan sesuai dengan amanat Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan Stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

“Tujuan pelaksaan audit adalah identifikasi jumlah kasus stunting, penyebab, tata kelola tingkat kota, serta kendala yang dihadapi,” ungkapnya.

Baca Juga  Soal Dugaan Gratifikasi Seks di Pemkab Bogor, Pj. Bupati Beri Tanggapan Mengejutkan

Dikatakan, dari hasil audit kasus stunting yang juga melibatkan tim pakar yakni  dokter spesialis anak, spesialis spesialis Obstetri dan Ginekolog, dan psikolog dan ahli gizi, maka akan dirumuskan rekomendasi bagi Pemerintah untuk memberikan penanganan tepat sasaran pada tiap lokus.

“Ada beberapa faktor penyebab stunting yakni, jumlah pendapatan, jumlah Kalori atau ASI Eklsusif, banyaknya anggota keluarga dan sanitasi. Misalnya apabila penyebab stunting karena sanitasi, maka Bappeda-Litbang,  Dinas PUPR, bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman bisa lakukan intervensi program santasi di lokus, agar masalah stunting dapat dieliminasi,” bebernya.

No More Posts Available.

No more pages to load.