Pemkot Ambon Siapkan Rumah Kemasan Bagi Produksi Pangan Lokal

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pengembagan ekonomi kreatif menjadi salah satu faktor penting dalam pengembagan usaha mikro di mana-mana termasuk Kota Ambon. Dan untuk mengolah pagan lokal hasil produksi pertanian para petani di kota Ambon menjadi cemilan maka Pemerintah Kota Ambon bekerja sama dengan Lembaga Pengembagan Teknologi Tepat Guna (LPTTG) – Masyarakat Lokal Indonesia (MALINDO), untuk melatih 300 warga kota Ambon yang adalah utusan dari Negeri dan Desa yang ada di kota Ambon, setiap Desa/Negeri wajib mengirim 10 peserta dalam mengikuti pelatihan dimaksud.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Ambon Drs Marthin Keiluhu, kepada Porostimur.com, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Keiluhu, LPTTG-MALINDO merupakan salah satu lembaga yang sudah dipakai oleh sejumlah pemerintah daerah di seluruh Indonesia guna melati para pengusaha mikro dan ibu-ibu rumah tangga, untuk mengembangkan usaha dengan cara mengolah bahan hasil panen petani yang adalah komoditi lokal menjadi makanan siap jadi yang bergizi dan higenis.

Baca Juga  Pemprov optimis pengusaha bakal ekspor langsung dari Maluku

Keiluhu bilang, sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini, diharapkan agar mereka yang telah dilatih kembali ke desa/negeri untuk melatih sebanyak mungkin masyarakat yang ada di desa atau negeri itu.

“Alumni Malindo Ambon ini harus mendapat perhatian extra dari pemerintah desa atau negeri yang telah mengirim warganya untuk mengikuti pelatihan ini, karena sebagai tindak lanjut dari hasil pelatihan ini, Pemerintah Kota Ambon telah menyiapkan rumah kemasan yang akan mengemas hasil karya alumni Malindo, yang bahan bakunya adalah hasil panen para petani yang ada di desa/ negeri setempat,” papar Keiluhu.

Tambahnya rumah keemasan yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Ambon itu, mampu mengemas dua puluh ribu (20.000) produk. Karena itu para alumni Malindo Ambon harus benar-benar mampu menangkap sejumlah materi maupun praktek yang didapat selama mengikuti pelatihan, sehingga rumah kemasan yang telah disiapkan pun dapat difungsikan dengan baik.

Baca Juga  Babinsa Komsos Dengan Perangkat Desa Poka Cegah Virus Covid -19

“Karena ketika semua ini berjalan seiring sudah pasti para pengrajin maupun petani memperoleh hasil yang siknifikan dan dapat meningkatkan hasil pendapatan,” pungkasnya. (olof)

No More Posts Available.

No more pages to load.