Pemkot Gelar Apel dan Renungan Suci Hari Pahlawan Pattimura

oleh -11 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Memperingati 205 Tahun Perjuangan Pattimura kali ini dengan tema “Pattimura Muda Kreatif, Inspiratif dan Inovatif untuk Maluku Maju”.

Apel kehormatan dan renungan suci ini diikuti pimpinan OPD dan ASN Pemerintah Kota Ambon, Satpol-PP, TNI-Polri, dan disertakan Siswa Pramuka.

Komandan Kodim (Dandim) 1504 Ambon Kolonel Inf Zamril Piliang memimpin apel kehormatan dan renungan suci memperingati 205 tahun perjuangan Kapitan Pattimura Thomas Matulessy di Pattimura Park-Ambon, Minggu (15/5/2022).

Kabag Tata Pemerintahan Pemkot Ambon Alfian Lewenussa selaku komandan upacara, Upulatu yang adalah Walikota Ambon dan Wakli Upulatu yang juga Wakil Walikota serta Sekretaris Kota selaku inspektur upacara tidak sempat hadir dalam momen tersebut.

Dandim 1504 Ambon Kolonel Inf Zamril Piliang menegaskan, Kapitan Pattimura Thomas Matulessy boleh mati, tapi Pattimura-Pattimura muda Kota Ambon dan Maluku harus bangkit dan terus ada untuk meneruskan perjuangannya, rela berkorban, cinta tanah air dan miliki jiwa patriotisme.

Baca Juga  Gubernur Malut Copot 3 Kepala Dinas

“Katong samua harus bekerjasama untuk membangun negeri Maluku. Kalau hanya satu atau dua orang saja, maka tidak ada rasa cinta dan balas jasanya terhadap perjuangan Kapitan Pattimura,” terangnya.

“Kita Akan lahirkan jiwa-jiwa patriotisme rela berkorban demi cinta tanah air yang dilakukan oleh kapitan pattimura bersama para pahlawan ,ini bisa menjadi contoh bagi pemuda-pemuda dalam membangun maluku kedepannya,” ujarnya.

“Untuk itu bagi pattimura – pattimura muda maluku untuk bisa mewarisi nilai-nilai keteladanan dalam memperjuangankan maluku dari para penjaja atas perjuangan dari kapitan pattimura, kita bisa melihat dan rasakan bersama betapa giginya perjuangan beliau demi memperjuangkan maluku tercinta ini semua itu harus diwarisakan bagi generasi muda kedepanya,” tuturnya.

Baca Juga  Cuaca Buruk, Tim SAR Gabungan Tetap Cari Nelayan Desa Sabatang yang Hilang di Laut

“Sementara itu ,Kepala dinas pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard luhukay menjelaskan, untuk acara apel dan renungan suci itu diselegarakan oleh pemerintah kota ambon setiap tahunnya dan sebentar pagi kita akan lanjukan dengan upacara bersana yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku

“Dirinya berharap kalau melihat dari kondisi kota kabupaten kota dan provinsi semakin hari semakin baik dalam menyebaran covid 19 dan kondisi keamanan pastinya peranyaan hari pattimura lebih meriah dari tahun- tahun sebelumnya karena ini bagi dari pengenalan dalam bentuk pintu pariwisata kedepanya dalam membangun maluku,” tutupnya. (Nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.