Pemkot Ambon Laksanakan Rembuk Stunting

oleh -30 views

Porostimur.com, Ambon – Bappeda Litbang Kota Ambon, melaksanakan Kegiatan Rembuk Stunting dalam rangka memperkuat Komitmen percepatan penurunan angka Stunting.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena, dalam kegiatan yang berlangsung Kamis (20/7/23) di Hotel Marina, menyatakan Pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota terus bergerak dalam menyusun dan melaksanakan Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting melalui RPJM dengan target penurunan hingga 14 persen di tahun 2024.

“Apabila pemerintah pusat menargetkan akan menurunkan Stunting sampai dengan 14 persen, dengan capaian 3,8 persen per tahun, maka secara konsisten Pemkot juga harus lakukan hal yang sama, bahkan harus dibawah itu, karena target pusat merupakan akumulasi dari seluruh daerah,” ungkapnya.

Baca Juga  Geger! Mayat Opa dan Oma Tomasoa Ditemukan di Kamar dalam Posisi Berdampingan

Wattimena bilang, menurut survey di tahun 2022, prevalensi stunting kota Ambon ada di angka 21,1 persen, dan menjadi yang paling rendah dari semua kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Meski demikian, ternyata tingkat penurunan sangat kecil, yakni 0,7 persen, sehingga target capaian 18,6 persen meleset.

“Padahal dari sisi apapun, kita lebih dari kapupaten/kota lain, soal fasilitas dan tenaga kesehatan, akses ke puskemas dan posyandu kita lebih baik, tapi jika penurunan sangat kecil maka ada yang salah dalam tata kelolanya,” beber Wattimena.

No More Posts Available.

No more pages to load.