Pemprov Maluku Apresiasi Program APIK

oleh -92 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sejak tahun 2016 sampai tahun 2019 USAID APIK telah turut berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten kota, instansi vertikal, pemerintah Kecamatan, pemerintah Negeri serta lembaga swadaya masyarakat yang berlokasi di Kota Ambon, Maluku Tengah dan Kepulauan Aru dalam membangun ketangguhan dan penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana dan dampak perubahan iklim. Untuk itu Pemerintah Provinsi Maluku memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada USAID APIK.

Hal ini dikemukakan dalam sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Plt Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta saat penutupan program APIK yang dilaksanakan di Hotel Amaris, Kamis (5/12/2019).

“Seperti yang diketahui bahwa provinsi Maluku merupakan provinsi berciri kepulauan yang didominasi oleh pulau-pulau kecil sehingga rentan terhadap ancaman perubahan iklim” ungkapnya.

Baca Juga  Perhimpunan KANAL Ambon dan PPPWPA Salam Tual Distribusi Bantuan Pecinta Alam Maluku untuk Korban Gempa di Desa Kailolo dan Pelauw

Lanjutnya, Hal ini disebabkan oleh adanya pemanasan global yang berdampak terhadap aktivitas ekonomi dan keberlanjutan hidup masyarakat sehingga merupakan isu penting bagi pemerintah provinsi Maluku serta kabupaten kota dalam Upaya dalam Upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Sejalan dengan itu, pemerintah daerah telah berkomitmen untuk menjadikan isu perubahan iklim dan bencana alam menjadi bagian terpenting dalam RPJMD provinsi Maluku tahun 2019-2024 melalui visi pemerintah pemerintah daerah yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan, dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

Pemerintah daerah sendiri telah mengadopsi beberapa program USAID APIK seperti Kampung iklim dan desa tangguh bencana masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020.

Baca Juga  Sairdekut dan Kesley Pimpin AMGPM Periode 2020-2025

Pemerintah daerah sendiri menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada program USAID APIK yang telah memilih provinsi Maluku sebagai salah satu daerah prioritas program.

“Pada kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pimpinan program USAID APIK yang telah memilih provinsi Maluku sebagai salah satu daerah prioritas program yang telah bekerja selama 4 tahun di 3 kabupaten kota dan pada tahun 2019 ini program usaid apik akan berakhir” jelasnya.

Gubernur Maluku berharap program semacam ini dapat dilanjutkan oleh pihak donor dan khusus kepada pemangku kepentingan penerima manfaat khususnya pemerintah provinsi dan kabupaten/kota agar dapat mereplikasi program USAID APIK dalam rencana pembangunan daerah pada masa yang akan datang. (shinta)