Pemprov Maluku Belum Serahkan Rancangan APBD-P 2022 ke DPRD, ini Sikap Jantje Wenno

oleh -148 views

Porostimur.com, Ambon – Anggota DPRD Maluku Jantje Wenno menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi Maluku yang hingga saat ini belum menyampaikan naskah Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun 2022 kepada DPRD untuk dilakukan pembahasan.

Kepada, jurnalis Porostimur.com, Jumat (30/9/2022) Wenno mengatakan, kondisi ini terjadi hampir setiap tahun, sehingga pembahasan dokumen APBDP menjadi tidak maksimal dan terkesan asal-asalan.

“Iya kondisi ini memang setiap tahun begini. Mestinya sekarang kita sudah bahas dokumen APBD Tahun 2023, tapi APBD-Perubahan saja belum disampaikan. Hal ini membuat DPRD selalu terdesak dengan waktu pembahasan sehingga DPRD terkesan asal-asalan dalam pembahasan,” ujarnya.

Jantje berharap, persoalan ini menjadi perhatian Pemprov. Menurut politisi Partai Perindo ini, organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada, harusnya sejak dini melakukan evaluasi program dan menginput program-programnya, supaya Bapeda juga bisa cepat merampungkan samua dokumen terkait APBDP. Hal ini agar pemerintah dapat menyampaikan ke DPRD tepat waktu.

Wenno bilang, deadline waktu, tinggal beberapa hari lagi. Di mana sesuai agenda yang ditetapkan, Oktober sudah ada pada pembahasan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD tahun 2023.

“Sesuai siklus pembahasan anggaran, maka seharusnya kita sudah bahas RAPBD Perubahan. Tapi sampai saat ini belum. Padahal besok masuk 1 Oktober, di mana saatnya kita membahas RAPBD 2023,” ujarnya.

Jante Wenno menegaskan, semestinya APBD tidak boleh dibahas dalam satu atau dua hari. Sebab menyangkut kepentingan pembangunan daerah yang mesti dilihat secara baik, teliti dan benar.

“Apalagi di tahun 2023 telah memasuki tahun politik. Yang mana konsentrasi anggota DPRD juga akan tertuju pada kesiapan Pemilu 2024. Hal itu akan berdampak pada pembahasan APBD maupun kebijakan lain,” pungkasnya. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.