Pemuda dan Masyarakat Lamdesar Barat Desak Pencopotan Sekdes dan BPD

oleh -163 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Pemuda dan masyarakat Lamdesar Barat, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, menginginkan agar pemerintah desa bekerja sesuai amanat dan peraturan.

Mantan Ketua Pemuda Lamdesar Barat, Melki Seran mengungkapkan dalam Undang-Undang No.28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaran Negara yang bersih dan Bebas dari Korupsi, kolusi, dan Nepotisme.

“Kami seluruh komponen pemuda dan masyarakat Desa Lamdesar Barat, setelah menyikapi seluruh kondisi dan situasi penyelenggaraan pemerintahan di Desa Lamdesar Barat, maka ada berbagai macam permasalahan dan kendala yang tentu memberikan dampak buruk dan sangat merugikan masyarakat di Desa ini secara umum,” jelas Seran via WhatsApp kepada Porostimur.com, Minggu (21/11/2021).

Baca Juga  Pemerintah Malut Kerahkan Petugas, Data Orang yang Berhubungan Dengan Pasien Positif Corona

Seran bilang, bahwa saudara BM dalam jabatan sebagai Sekretaris Desa Lamdesar Barat, dalam menjalankan tugasnya telah melakukan tindakan pungli terhadap warga masyarakat dengan menagih uang sebanyak Rp.50.000 per orang pada saat warga masyarakat membuat dokumen proposal pemberdayaan pada tahun 2017/2018.

“Terkait dengan program pembangunan gedung PAUD Desa Lamdesar Barat, Tahun Anggaran 2018 hingga saat ini tak kunjung selesai alias mangkrak,” terangnya.

Dirinya menambahkan, oleh karena itu sekdes yang merupakan ketua tim verifikasi telah dengan sengaja memverifikasi dokumen SPJ fiktif dan palsu kepada pemerintah daerah terkait realisasi program pembangunan gedung PAUD yang menelan anggaran ratusan juta rupiah.

“Sehingga atas nama seluruh komponen pemuda dan masyarakat memberikan mosi tidak percaya kepada BM dalam jabatan sebagai Sekretaris Desa Lamdesar Barat. Dan mengutuk keras BPD Lamdesar Barat dalam kelalaian menjalankan fungsi pengawasan terhadap masalah-masalah tersebut,” tegasnya.

Baca Juga  Kemanusiaan dan Spiritualitas Basoeki Abdullah

Seran mengtas namakan seluruh komponen pemuda dan warga masyarakat Desa Lamdesar Barat dan atas nama keadilan dan kebenaran, meminta kepada Kepala Desa Lamdesar Barat, untuk segera memberhentikan saudara BM dari perangkat desa dalam jabatan sebagai sekretaris desa.

“Sebab suda cukup lama kami sarga masyarakat Desa Lamdesar Barat merasa ditindas dan sangat kecewa terhadap setiap hal yang dilakukan. Kami juga meminta kepada Bupati Kepulauan Tanimbar dan Camat Tanimbar Utara untuk segera memberikan ketegasan kepada kepala desa untuk segera memberhentikan Sekretrais Desa Lamdesar Barat,” pintanya.

Bahkan, tutur Seran, pihaknya juga meminta kepada Inspektorat Daerah Kepulauan Tanimbar dan Kepala Kejaksaan Negeri Tanimbar, untuk segera periksa Sekdes Lamdesar Barat.

Baca Juga  Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Era Baru El Clasico

“Terkait dengan proyek pembangunan gedung PAUD yang tengah mangrak dan telah membuat laporan fiktif atau palsu kepada Dinas PMD yang telah mengalami kerugian negara. Kami juga berharap sekiranya bupati dapat segera mengevaluasi kinerja BPD yang bobrok, tak pernah menjalankan fungsi dan peran dalam upaya mengawasi seluruh program dan kegiatan yang merupakan kepentingan rakyatnya,” tutupnya. (nicolas)