Pemuda & Mahasiswa Tanimbar Kunjungi Kemeterian ATR/BPN

oleh -147 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Perkumpulan Mahasiswa dan Pemuda Tanimbar (Permata), kembali melakukan kunjungan dan silahturahmi dengan Pemerintah Pusat. Pada kunjungan dan silahturahmi kali ini dilakukan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia di Jakarta, Rabu,7 Januari 2021.

Kepada Porostimur.com ,Ketua Departemen Organisasi Permata, Hillary Sianresy mengatakan, pertemuan ini merupakan silahturahmi Pengurus Permata kepada Kementerian ART/BPN RI di Kantor sekaligus mendiskusikan beberapa hal terkait dengan Perlindungan Hak Ulayat Masyarakat Tanimbar dan kondisi terkini tentang tanah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Hari ini kami melakukan silahturahmi dan diskusi dengan Kementerian ATR/BPN RI, sebagai tindak lanjut dari agenda Pengurus Permata. Kami mengapresiasi pertemua ini, karena Permata diberi kesempatan yang luar biasa untuk mendiskusikan beberapa hal tekait perkembangan tanah di Tanimbar dan perlindungan Hak Ulayat Masyarakat Tanimbar. Pertemuan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat”, kata Hillary.

Baca Juga  Perluas Pengawasan Obat dan Makanan, BPOM Bentuk Saka Pom

Lebih lanjut Hillary mengungkapkan, silahturahmi dan diskusi berlangsung dengan baik dan santai dan Kementerian ATR/BPN menyambut baik kunjungan yang dilakukan Permata. Dalam pertemuan tersebut, Kementerian ATR/BPN RI lewat Direktur Pengaturan Tanah Komunal, Hubungan Kelembagaan dan PPAT, Musriady, memintakan kepada Permata untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat Kepulauan Tanimbar, khususnya terkait dengan penjualan Tanah Ulayat agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Pada pertemuan tadi, Kementerian ATR/BPN RI juga menyampaikan komitmennya dalam melindungi Hak Ulayat di Indonesia, maka kami berharap semoga kedepan Permata dan Kemetrian ATR/BPN RI dapat bersinergi untuk membantu masyarakat, khususnya di Tanimbar, tentang isu hak-hak tanah ulayat masyarakat Tanimbar”, ujar Hillary.

Baca Juga  Kapolda Maluku Hadiri Upacara Dirgahayu TNI Ke-75 Tahun 2020

Selain itu, Wellem Masela, Ketua Departemen Penelitian & Kajian Permata, mengatakan untuk menjawab pemintaan Kementerian ATR/BPN dalam diskusi, terkait dengan pendampingan kepada masyarakat Kepulauan Tanimbar, khususnya terkait dengan penjualan tanah Ulayat agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, maka Permata akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk bersama-sama membantu melakukan pendampingan terhadap masyarakat.

“Isu yang berkembang saat ini di Tanimbar, bahwa sudah banyak terjadi pembelian lahan secara masif oleh pihak tertentu termasuk pada lokasi penetapan kilang LNG Blok Masela, maka, terkait permintaan Kementerian ATR/BPN kepada Permata untuk mendampingi masyarakat, Permata akan tindak lanjuti secara professional, dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk sebisa mungkin membantu mendampingi masyarakat’, ujar ata Wellem.

Wellem juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kesempatan yang diberikan oleh Kementerian ATR/BPN RI kepada Permata untuk bersilahturahmi dan berdiskusi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat.

Baca Juga  Belajar Mandiri di Rumah Ala MAN 1 Tikep

“Atas nama Pengurus Permata, kami ucapkan terima kasih kepada Kemeterian ART/BPN RI, khususnya Direktur Pengaturan Tanah Komunal, Hubungan Kelembagaan dan PPAT Kementerian ATR/BPN RI dan tim yang sudah berkenaan menerima kami untuk silahturahmi dan diskusi,” ucap Wellem.

Hadir dalam pertemuan dengan Permata yaitu Direktur Pengaturan Tanah Komunal, Hubungan Kelembagaan dan PPAT Kementerian ATR/BPN RI; Kasubid Tanah Ulayat. Kementerian ATR/BPN RI, dan Kasubid Hubungan antar Lembaga Kementerian ATR/BPN RI. (olof)