Pengamat Beberkan Dampak Jika Kabinet Jokowi Tidak Harmonis

oleh -9 views

Porostimur.com, Jakarta – Pengamat Kebijakan Publik, Achmad Nur Hidayat menyoroti adanya isu ketidakharmonisan menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, ketidakharmonisan tersebut dapat menyebabkan melemahnya pelayanan publik.

“Yang muncul dari ketidakharmonisan para menteri di kabinet adalah melemahnya pelayanan publik,” kata Achmad kepada Beritasatu.com jaringan porostimur.com, pada Sabtu (15/6/2024).

Achmad menyebut penyelenggaraan pelayanan publik nantinya bisa terganggu. Selain itu, hubungan yang tidak harmonis juga dapat menyebabkan koordinasi melemah.

Hal tersebut dapat membuat pemerintahan jadi tidak efektif dan ujung-ujungnya pelayanan publik tidak tersalurkan dengan baik.

“Misalnya, kita masih membutuhkan internet di daerah perbatasan. Sebenarnya internet di daerah perbatasan itu bisa di-supply oleh Starlink, misalnya. Nah, kenapa enggak kemudian dikoordinasikan saja?” jelas Achmad.

Baca Juga  Pembersihan Puing Bekas Serangan Israel di Gaza Butuh Waktu 15 Tahun dan Biaya Rp8 Triliun

“Apabila provider yang sudah ada di Indonesia ini misalkan tetap beradanya di ranahnya sekarang dan tidak berubah, tetapi Starlink ini difokuskan di daerah perbatasan,” lanjutnya.

Menurut Achmad, apabila hal ini dikoordinasikan dengan baik pasti akan mendapatkan titik temu. Namun, apabila ada perbedaan pandangan dengan kehadiran Starlink maka yang paling dirugikan adalah masyarakat terutama di daerah terpencil yang belum mendapat listrik atau internet.