Penghina Natalius Pigai Ternyata Caleg DPR RI dari Papua, Tapi Ambroncius Nababan Kalah

oleh -69 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ambroncius Nababan yang menghina Natalius Pigai dengan unsur rasis ternyata pernah caleg dari Dapil Papua pada 2019 lalu. Ambroncius mencaleg dari Partai Hanura.

Kritik atas postingan Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) Ambroncius Nababan yang bermuatan unsur rasis terus disampaikan banyak pihak.

Salah satunya disampaikan oleh politisi Partai Demokrat, Yan A Harahap di akun Twitternya @YanHarahap .

Yan Harahap juga menampilkan sebuah gambar Ambroncius saat meminta dukungan kepada warga Papua saat mencalonkan diri menjadi sebagai calon legislatif DPR RI Dapil Papua dari Partai Hanura.

Selain memposting sebuah gambar, Yan Harahap juga menyampaikan kritiknya atau respon dari apa yang pernah disampaikan Ambroncius yang menyinggung warga Papua.

Baca Juga  LaNyalla Mattalitti Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden Dan Kamala Harris

“Manusia rasis ini ternyata pernah minta dukungan, doa dan restu warga Papua yang telah dihinanya. Manusia tak ada akhlak,” kata Yan Harahap, Minggu (24/1).

Pernyataan rasis yang disampaikan oleh Ambroncius juga menimbulkan reaksi keras dari sesama relawan pendukung Jokowi lainnya, yaitu dari Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) serta beberapa tokoh lainnya.

Sementara berdasarkan penelusuran Pojoksatu.id, Ambroncius Nababan menjadi caleg DPR RI dari Dapil Papua dari Partai Hanura dengan nomor urut empat.

Beberapa foto caleg Ambroncius masih bisa disaksikan di laman internet dan juga You Tube.

Namun dari hasil Pileg 2019 lalu, Ambroncius tak bisa melenggang ke Senayan Jakarta.

Seperti diketahui, media sosial diramaikan dengan beredar tangkapan layar unggahan akun bernama Ambroncius Nababan yang dinilai rasis terhadap Natalius Pigai.

Baca Juga  5 Film Terbaik Bertema Perang Vietnam yang Bikin Menohok, Wajib Nonton!

Dalam unggahan pada 12 Januari 2021, Ambroncius Nababan menyamakan mantan komisioner Komnas HAM itu dengan gorila.

“Mohon maaf yg sebesar-besarnya. Vaksin sinovac itu dibuat utk MANUSIA bukan utk GORILLA apalagi KADAL GURUN. Karena menurut UU Gorilla dan kadal gurun tidak perlu di Vaksin. Faham?” demikian tulisan dalam unggahan tersebut.

Dalam unggahan itu, sang pemilik akun menyeratakan link pemberitaan berjudul ‘Pigai: Sesuai UU, Rakyat Berhak Menolak Divaksin’.

Sedangkan pada tangkapan layar unggahan kedua, akun Ambroncius Nababan menyandingkan foto Natalius Pigai dengan Gorila dilengkapi dengan meme.

“Edodoeee pace. Vaksin ko bukan sinovac pace tapi ko pu sodara bilang vaksin rabies,” tulis unggahan tersebut.

Baca Juga  Ini Proyeksi Lonjakan Pengangguran dan Kemiskinan Akibat Corona

Akan tetapi, unggahan itu telah hilang diduga dihapus oleh pemilik akun.

Berdasarkan penelusuran PojokSatu.id, akun bernama Ambroncius Nababan kini juga sudah tidak ada lagi.

(red/rmol/pojoksatu)