Penjualan Mobil di Indonesia Tembus 93 Ribu Unit Bulan Lalu

oleh -34 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Penjualan mobil sejauh ini masih cukup stabil di tengah kondisi pasar yang belum sepenuhnya kondusif. Terbukti dengan bulan Oktober lalu, tercatat sekitar 93 ribu unit mobil telah terjual di Tanah Air. Memang dengan ini penjualan mobil di Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Tapi soal produksi masih kalah dari Thailand.

Walau di tengah situasi pasar yang sepenuhnya belum membaik, tapi hasil penjualan mobil di Indonesia bisa menembus angka 93 ribu unit. Dengan ini, Indonesia menggungguli negara lainnya seperti Thailand dan Malaysia. Kedua negara tersebut masing-masing mencatatkan hasil sebanyak 64 ribu dan 61 ribu unit mobil saja.

Sementara Vietnam yang juga menjadi pusat produksi mobil di Asia Tenggara hanya dapat menjual 36,5 ribu unit, jauh lebih sedikit dari Thailand. Kemudian Filipina dan Singapura mencatatkan hasil penjualan sebanyak 32 ribu dan 3,3 ribu unit. Terakhir ada Myanmar dengan 58 unit mobil saja yang terjual, sangat rendah dari negara lainnya.

(Otosia)

Produksi Masih Kalah

Meskipun angka penjualan mobilnya mampu mengungguli negara lainnya, tapi soal produksi mobil, Indonesia masih kalah dari Thailand. Dengan angka mencapai 135 ribu unit, Thailand masih dapat unggul dengan 170 ribu unit mobil yang diproduksi. Menariknya hanya kedua negara ini yang mencatatkan angka produksi di atas 100 ribu unit.

Mungkin dalam hal penjualan masih bagus, tapi tidak dengan angka produksinya. Walau setidaknya Indonesia dapat mencatatkan hasil yang cukup bagus selama ini di tengah kondisi pasar seperti sekarang. Dari dampak krisis chip semi-konduktor yang belum usai sampai masalah lainnya membuat produsen harus mencari cara agar penjualannya tetap stabil.

Sejumlah produsen masih dapat memproduksi mobil seperti biasa. Namun merek seperti Honda sempat mengalami gangguan pada penjualan maupun produksinya.

(red/ridertua)

No More Posts Available.

No more pages to load.