Penyaluran Bantuan Capai 95 Persen, DPRD Apresiasi Pemkot Ambon

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Ambon yang berhasil menyalurkan bantuan ke masyarakat mencapai 59 persen.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes menyatakan, Pemerintah Kota Ambon berhasil mencapai angka 95 persen dalam menyalurkan bantuan dan dipastikan telah diterima oleh masyarakat Kota Ambon, baik itu bantuan dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah.

Meski demikian, menurutnya masih ada beberapa desa yang belum dapat mencakup seluruh warga desa mereka, hal ini dikarenakan Alokasi Dana Desa (DD) atau Anggaran Dana Desa (ADD) yang ada pada desa atau negeri tersebut tidak mencukupi sesuai dengan pengalokasian yang ditentukan dalam atuaran dan kententuan yang berlaku.

Baca Juga  Kecewa Dengan Sikap Plt. Kades, Warga Akelamo Palang Kantor Desa & Bongkar Posko Covid-19

Oleh sebab itu, menurut Pormes, DPRD berkewajiban untuk mencari solusi penyelesiannya secara bersama-sama dengan pemerintah daerah sehingga mereka yang terdampak langsung pandemi pada desa-desa yang dimaksud, juga bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Link Banner

Dari data yang ada kata Pormes, desa-desa yang masih mengalami kekurangan dalam penyaluran bantuan Desa Batu Mereh, Hatiwe Kecil dan Desa Passo.

Pormes bilang, pada ketiga desa tersebut terjadi kelebihan jumlah penerima bantuan, sehingga perlu dicarikan solusi penyelesaianya bersama DPRD dan pemerintah.

“Kalu kita melihat akumulasi seluruh desa dan penerimaan bantuan dari pusat dan daerah, sudah hampir 95 persen warga kota Ambon menerima bantuan ini yang kita apresiasi. Cuma di beberapa desa yang belum, yaitu: Desa Batu Merah, Hative Kecil dan Desa Passo”, ujar Pormes.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat & Desa Kota Ambon, Rulien Purmiasa menjelaskan bahwa sesuai data yang telah dimasukan oleh desa negeri dalam kota Ambon sebanyak 13.315 KK, namun data ini kata dia bisa saja bertambah karena pihaknya selalu membuka ruang bagi desa negeri jika ada usulan tambahan jumlah penerima bantuan pada setiap desa dan negeri di Kota Ambon.

Baca Juga  Denhubrem/152 Babullah Kembangkan Metode Belajar Jarak Jauh untuk Pelajar di Kota Ternate

“Kita juga berada dalam satu visi penting juga satu bahasa karena itu tadi rapat kita sudah menemukan titik temunya bahwa sampai hari ini data calon penerima BLT yang di usulkan oleh desa negeri itu 13.315 itu yang sampai saat ini terdata tetapi sekali lagi dalam semangat masyarakat bahwa masyarakat yang membutuhkan bantuan harus terlayani maka kami tetap memberikan ruang ada usulan – usulan tambahan dari desa untuk masyarakat – masyarakat yang belum sempat terlayani apapun tetap kita punya visi yang sama untuk itu dimana masyarakat tetap terima”, jar Rulien.

Langkah membuka ruang ini, kata dia untuk memastikan seluruh warga desa negeri yang mempunyai hak untuk mendapatkan bantuan lewat DD dan ADD semuanya dapat terlayani dengan baik. (red)