Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Maluku Hadirkan Fahri Bachmid

oleh -22 views

Menurut dia, jika penerapan unsur perekonomian negara dapat diterapkan secara konsisten, para koruptor akan dimiskinkan dengan tindakan-tindakan yang agresif seperti penyitaan aset korporasi dan pribadi, aset yang terafiliasi dengan pelaku dan korporasi, termasuk keluarga. ”Bahkan tindakan lebih progresif yaitu memblokir semua rekening pelaku dan yang terafiliasi dengan pelaku tindak pidana,” ucap Edyward Kaban.

Sementara, Fahri Bachmid dalam paparannya berpendapat bahwa kejaksaan merupakan lembaga pemerintahan yang fungsinya berkaitan dengan kekuasaan kehakiman yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasar undang-undang.

”Kejaksaan dalam menjalankan fungsinya yang berkaitan dengan kekuasaan kehakiman dilaksanakan secara merdeka,” ujar Bachmid.

Fahri Bachmid menambahkan, pengaturan fungsi kejaksaan yang berkaitan dengan kekuasaan kehakiman perlu dikuatkan sebagai landasan kedudukan kelembagaan dan penguatan tugas dan fungsi kejaksaan. Melalui UU Nomor 11/2021 tentang Kejaksaan, sebenarnya tekanan dalam rangka mengakomodasi perkembangan kebutuhan hukum dan rasa keadilan di masyarakat yang menuntut adanya perubahan paradigma penegakan hukum dari semata-mata mewujudkan keadilan retributif (pembalasan) menjadi keadilan restoratif.